Rabu 31 Aug 2022 05:21 WIB

Bisakah Badai Matahari Menghancurkan Bumi?

Bumi membutuhkan pancaran panas matahari.

Rep: Noer Qomariah/ Red: Muhammad Hafil
Matahari. ILustrasi
Foto: Dailymail
Matahari. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Semua kehidupan di Bumi berutang keberadaannya pada  pancaran panas matahari. Tapi apa yang terjadi ketika radiasi itu melonjak di luar kendali, dan miliaran ton materi surya bermuatan tiba-tiba meluncur ke arah kita dengan kecepatan ribuan mil per detik? Apa yang terjadi ketika Bumi terkena hantaman langsung dari suar matahari—dan dapatkah yang cukup kuat menghancurkan kehidupan di planet kita seperti yang kita kenal?

Jawabannya rumit, tetapi sebagian besar ilmuwan setuju pada satu hal: medan magnet bumi dan atmosfer yang menyekat membuat kita terlindungi dengan sangat baik bahkan dari ledakan matahari yang paling kuat sekalipun. Sementara badai matahari dapat merusak sistem radar dan radio atau melumpuhkan satelit, radiasi paling berbahaya diserap di langit jauh sebelum menyentuh kulit manusia.

“Kita hidup di planet dengan atmosfer yang sangat tebal ... yang menghentikan semua radiasi berbahaya yang dihasilkan dalam suar matahari,” kata Alex Young, Associate Director for Science di Heliophysics Science Division di Goddard Space Flight Center Badan Antariksa Amerika (NASA) di Greenbelt, Maryland, dilansir dari Space, Selasa (30/8/2022).

“Bahkan dalam peristiwa terbesar yang telah kita lihat dalam 10 ribu tahun terakhir, kita melihat bahwa efeknya tidak cukup untuk merusak atmosfer sehingga kita tidak lagi terlindungi,” kata Young dalam video 2011 mengatasi kekhawatiran bahwa suar matahari akan mengakhiri dunia pada tahun 2012.

Namun, tidak semua semburan matahari tidak berbahaya. Sementara medan magnet Bumi mencegah kematian yang meluas akibat radiasi matahari, kekuatan elektromagnetik dari suar dapat mengganggu jaringan listrik, koneksi internet, dan perangkat komunikasi lainnya di Bumi, yang mengakibatkan kekacauan dan bahkan berpotensi kematian.

Pakar cuaca luar angkasa di NASA dan lembaga lainnya menganggap serius ancaman ini, dan memantau matahari dengan cermat untuk aktivitas yang berpotensi berbahaya.

Apa itu jilatan api matahari?

Suar matahari terjadi ketika garis medan magnet matahari menjadi tegang dan terpelintir, menyebabkan badai energi elektromagnetik seukuran planet yang sangat besar terbentuk di permukaan matahari. Kita dapat melihat badai ini sebagai bercak-bercak dingin dan gelap yang dikenal sebagai bintik matahari. Di sekitar bintik matahari, sulur besar garis medan magnet berputar, berputar dan terkadang patah, menciptakan kilatan energi yang kuat, atau jilatan api matahari.

Sebagian besar energi dari suar matahari terpancar sebagai sinar ultraviolet dan sinar-X, Live Science sebelumnya melaporkan.

Namun, energi intens dari suar juga dapat memanaskan gas terdekat di atmosfer matahari, meluncurkan gumpalan besar partikel bermuatan yang dikenal sebagai coronal mass ejections (CMEs) ke luar angkasa. Jika bintik matahari yang menyala kebetulan menghadap Bumi, maka CME yang dihasilkan meledak ke arah kita, biasanya mencapai planet kita dalam waktu mulai dari 15 jam hingga beberapa hari.

Apakah Anda pernah mendengar tentang CME atau tidak, Anda mungkin pernah mengalami ratusan dari mereka; matahari memancarkan di mana saja dari satu CME setiap pekan hingga beberapa hari, tergantung di mana kita berada dalam siklus aktivitas 11 tahun matahari, menurut NASA. Sebagian besar CME melewati planet kita sama sekali tidak terdeteksi oleh masyarakat umum, berkat medan magnet bumi yang kuat, atau magnetosfer.

Namun, CME terbesar dan paling energik sebenarnya dapat menekan medan magnet planet kita saat mereka lewat, menghasilkan apa yang dikenal sebagai badai geomagnetik. Saat energi elektromagnetik dari matahari mengalir ke magnetosfer kita, atom dan molekul di atmosfer bumi menjadi bermuatan listrik, menciptakan efek yang dapat dilihat di seluruh dunia.

Selama badai seperti itu, aurora borealis, yang biasanya hanya terlihat di dekat Kutub Utara, dapat bergeser ke bawah hingga terlihat di dekat khatulistiwa.

Sistem radio dan radar di seluruh dunia dapat mati, dan jaringan listrik dapat menjadi kelebihan beban dan kehilangan daya. Beberapa ahli khawatir bahwa CME yang cukup besar dapat menciptakan “kiamat internet” dengan membebani kabel internet bawah laut dan meninggalkan bagian dunia tanpa akses web selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, meskipun ini belum terjadi. Satelit dan stasiun ruang angkasa, yang mengorbit di luar perlindungan atmosfer bumi, juga dapat dilemahkan oleh radiasi pemberontak CME.

Namun, bahkan badai geomagnetik paling kuat dalam sejarah yang tercatat - Peristiwa Carrington 1859 - tidak berdampak nyata pada kesehatan manusia atau kehidupan lain di Bumi. Jika badai matahari yang lebih kuat menghantam planet kita sebelum ini, tidak ada bukti bahwa mereka juga berdampak pada kesehatan manusia.

“Tidak peduli apa, suar tidak memiliki efek signifikan pada kita di Bumi ini," Doug Biesecker, seorang peneliti di Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, mengatakan kepada Stanford Solar Center. "Fluks macam apa yang harus menyerang Bumi untuk memusnahkan kita? Saya tidak tahu jawabannya, tapi jelas, kita bahkan belum pernah mengamati peristiwa matahari yang cukup besar untuk memiliki efek terukur pada kesehatan manusia.”

Kerusakan Bintang

Bintang terdekat kita mungkin tidak menimbulkan ancaman kepunahan-- tetapi para ilmuwan menduga bahwa bintang terdekat lainnya bisa. Ketika bintang-bintang tertentu kehabisan bahan bakar dan mati, mereka meledak dalam supernova luar biasa yang meledakkan radiasi kuat ke luar angkasa selama jutaan tahun cahaya di sekitarnya. Ledakan ini berkali-kali lebih kuat dari semburan matahari; jika ledakan seperti itu terjadi cukup dekat dengan Bumi, bintang yang sekarat itu dapat menyelimuti planet kita dengan begitu banyak radiasi ultraviolet sehingga melucuti lapisan ozon pelindung kita, membuat Bumi rentan terhadap rentetan partikel antarbintang yang bermuatan.

Penulis studi baru-baru ini (diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada Agustus 2020) mendu menduga bahwa kematian sebuah bintang dalam jarak 65 tahun cahaya dari Bumi mungkin hanya terjadi sekitar 359 juta tahun. lalu, pada akhir Periode Devonian (416 juta hingga 358 juta tahun lalu). Kepunahan massal pada akhir periode ini mengakibatkan kematian 70% invertebrata Bumi, meskipun para ilmuwan tidak yakin apa yang memicunya.

Namun, pemeriksaan spora fosil dari waktu kepunahan mengungkapkan tanda-tanda kerusakan sinar ultraviolet - menunjukkan bahwa mungkin sebuah bintang yang meledak memicu kepunahan.

Untungnya, tidak ada kandidat supernova yang cukup dekat dengan Bumi untuk menimbulkan ancaman seperti itu dalam waktu dekat, penulis penelitian meyakinkan. Kita hanya memiliki matahari kecil yang hangat untuk dikhawatirkan — dan atmosfer kita memastikan bahwa kita tetap berada di sisi ramah bintang itu.

Sumber: