Senin 29 Aug 2022 15:10 WIB

Begini Cara Hindari Korosi dalam Kendaraan

Kendaraan akan lebih mudah mengalami korosi atau berkarat di iklim yang lembap

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Christiyaningsih
Montir memeriksa mesin mobil. Kendaraan akan lebih mudah mengalami korosi atau berkarat di iklim yang lembap. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Montir memeriksa mesin mobil. Kendaraan akan lebih mudah mengalami korosi atau berkarat di iklim yang lembap. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia merupakan negara tropis sehingga pengendara harus siap menghadapi iklim yang lembap. Hal ini perlu jadi perhatian karena kendaraan akan lebih mudah mengalami korosi atau berkarat.

Praktisi otomotif Antonius Yuliyanto mengatakan ketika memasuki musim hujan, bodi atau mesin menjadi lebih lembap dan berisiko menimbulkan korosi. "Tentu saja, kondisi ini menjadi momok bagi kendaraan yang materialnya menggunakan besi sehingga kendaraan memerlukan perawatan ekstra,” kata Antonius Yuliyantodalam Talk Show “Selleys RP7-Ahlinya 3P: Pelumas, Pelindung, Pembersih” di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ia menyarankan segera cuci kendaraan setelah kehujanan untuk menghilangkan garam dan asam yang terlarut di dalam air hujan. Namun kendaraan yang sering terkena hujan dan dicuci juga berpotensi menimbulkan terkikisnya pelumasan pada beberapa area bergerak seperti engsel, handle pintu pada mobil, hingga pada bagian standar samping, standar tengah, handle rem dan kopling, rantai, sampai lubang anak kunci pada motor.

"Oleh karena itu, pengendara memerlukan cairan pelumas serba guna seperti Selleys RP7 karena hadir sebagai cairan serba guna dengan fungsi sebagai pelumas, pelindung, dan pembersih," ujarnya.

Menurutnya pelumas serba guna sangat praktis dan mudah digunakan dalam pengaplikasian sehari-hari, serta memudahkan dalam perawatan kendaraan. “Juga sangat membantu ketika saya ingin membuka baut atau mur yang macet akibat karat, serta melumasi komponen yang bergerak seperti engsel pintu, engsel standar, hingga rantai motor," kata dia.

Product Category Manager (SAFL & Mortar) Nippon Paint Indonesia, Ardhan, mengatakan cairan penetrant atau cairan pelumas terbukti ampuh menangani masalah yang ditimbulkan air yaitu karat, engsel seret, sampai bunyi berdecit di berbagai komponen yang bergerak.

“Pelumas serba gun melumasi bagian-bagian kendaraan yang berpotensi terdapat gesekan misalnya baut, lubang kunci, engsel, atau rantai. Selanjutnya, fungsi sebagai pelindung adalah memberikan perlindungan lebih lama terhadap karat serta mampu membersihkan kotoran yang menempel pada bodi kendaraan. Selain itu, cairan yang lebih dingin mempermudah pelepasan karat,” kata Ardhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement