Senin 29 Aug 2022 14:39 WIB

Arab Saudi Miliki 304 Museum dan 86 Perpustakaan Umum

Museum di Arab Saudi memiliki beragam jenis, tujuan, dan area.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Salah satu perpustakaan di Arab Saudi. Arab Saudi Miliki 304 Museum dan 86 Perpustakaan Umum
Foto: Saudi Gazette
Salah satu perpustakaan di Arab Saudi. Arab Saudi Miliki 304 Museum dan 86 Perpustakaan Umum

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Komisi Museum di bawah Kementerian Kebudayaan Arab Saudi merilis data terbaru, bahwa kerajaan memiliki 304 museum dan 86 perpustakaan umum. Museum dan perpustakaan umum itu tersebar di berbagai wilayah di Kerajaan.

Komisi Museum, yang melestarikan dan merayakan warisan dan budaya lokal, berupaya mengaktifkan museum-museum canggih di seluruh Kerajaan, dan itu dalam kemitraan erat dengan sektor swasta. 

Baca Juga

Museum memiliki beragam jenis, tujuan, dan area. Di antara museum-museum tersebut, terdapat 236 museum swasta yang terdiri dari museum yang lebih besar milik lembaga swasta dan yang lebih kecil milik perorangan.

Ada 51 museum umum dan itu termasuk yang berada di bawah pengelolaan dan organisasi Kementerian Kebudayaan, atau otoritas pembangunan kota dan daerah. Beberapa universitas Saudi menjalankan museum dan ini termasuk 17 museum universitas. 

 

Komisi Museum bertujuan mencapai kualitas museum publik dan swasta di Kerajaan. Disebutkan bahwa beberapa museum menyediakan kunjungan virtual ke galeri mereka, dan jumlah kunjungan ke Museum Nasional Saudi mencapai sekitar 31 ribu kunjungan selama tahun 2021.

 

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (24/8/2022), data menunjukkan bahwa total perpustakaan umum di bawah Kementerian Kebudayaan di Kerajaan mencapai 86. Perkembangan paling luar biasa di sektor perpustakaan adalah proyek untuk mendigitalkan manuskrip dengan menyediakan versi digital dari 324 manuskrip asli. 

 

Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz Darah menyaksikan digitalisasi 6.894 manuskrip asli, sementara perpustakaan Haram di Makkah dan Madinah berisi 8.149 manuskrip asli, yang 94 persennya didigitalkan. Rata-rata kunjungan ke perpustakaan universitas mencapai 77 ribu kunjungan ke satu perpustakaan per tahun.

Peran perpustakaan tidak lagi sebatas menyediakan bahan dan referensi ilmu pengetahuan, tetapi lebih dari itu, dengan mengaktifkan partisipasi masyarakat melalui penyelenggaraan event, malam sastra, sesi dialog, dan mengaktifkan hari-hari internasional, selain menyelenggarakan seminar, dan forum, lokakarya, kursus pelatihan, dan kompetisi. Ini merupakan pusat sosial dan budaya karena menargetkan berbagai segmen masyarakat. 

Wilayah Riyadh menempati urutan teratas dalam jumlah museum umum di Kerajaan. Museum publik dan swasta dan perpustakaan umum di berbagai wilayah Kerajaan sebagai berikut: 18 Museum umum di Riyadh, 12 museum umum Makkah, 3 museum umum Madinah, 4 museum umum Provinsi Timur, 2 museum umum Al-Jouf, 3 museum umum Tabuk, 1 museum umum Salam, 2 museum umum Qasim, 1 museum umum Al-Baha, 2 museum umum Asir, 2 museum umum Jazan, dan 1 museum umum Najran.

Museum pribadi Riyadh 49, Makkah 20c Madinah 15, Provinsi Timur 28, Al-Jouf 10, Wilayah Perbatasan Utara 1, Tabuk 8 Salam 14, Qasim 24, Al-Baha 5, Asir 51, Jazan 8, dan Najran 3.

Perpustakaan umum meliputi 30 di Riyadh, Makkah 5, Madinah 4, Qasim 8, Provinsi Timur 9, Asir 10, Tabuk 4, Salam 2, Wilayah Perbatasan Utara 2, Jazan 2, Najran 2, Al-Baha 4, dan Al-Jouf 4.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement