Senin 29 Aug 2022 04:28 WIB

Kampus Dinilai Berperan Penting Perangi Ekstremisme

Sekolah dan universitas memiliki dampak yang kuat pada semua siswa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus raharjo
Ilustrasi Ekstremisme
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Ekstremisme

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sebuah lembaga di Riyadh yang bertugas memerangi ekstremisme, Global Center for Combating Extremist Ideology (Etidal) menilai sekolah dan universitas memiliki peran penting untuk menjamin keberhasilan upaya yang dilakukan dalam memerangi ideologi ekstremis.

Dilansir Saudigazette, Ahad (28/8/2022), Etidal menyatakan bahwa sekolah dan universitas juga berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran siswa laki-laki dan perempuan terhadap nilai-nilai koeksistensi dan keragaman manusia.  

Baca Juga

Sekolah dan universitas memiliki dampak yang kuat pada semua siswa. Etidal menyebut sekolah dan universitas dapat memperingatkan mereka tentang bahaya ekstremisme dan efek negatifnya yang kuat pada kehidupan individu dan orang-orang di sekitar mereka.

Menurut Etidal upaya memerangi inisiatif ekstremisme, banyak membantu dalam melindungi pemuda yang menjadi sasaran kelompok dan organisasi ideologi ekstremis yang mempengaruhi mereka melalui surat dan pidato palsu. Ada empat hal yang dapat membantu meningkatkan moderasi di kalangan siswa.

Pertama, yaitu menunjukkan pentingnya diversifikasi keuntungan manusia yang meningkatkan pertumbuhan individu. Kedua, pentingnya untuk menunjukkan kepada para siswa teladan yang sukses, yang memiliki dampak positif di masyarakat. Ketiga, selalu mendorong para siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka dan untuk mempercayai masyarakat.

Keempat, mendorong siswa untuk berpartisipasi dan memiliki interaksi positif dengan berbagai kegiatan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement