Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Membuat Setan Bersedih Karena Empat Hal, Apa Saja?

Sabtu 20 Aug 2022 06:47 WIB

Red: Agung Sasongko

Takwa (ilustrasi).

Takwa (ilustrasi).

Foto: alifmusic.net
Setan akan sedih karena empat hal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Tarekat Syadziliyah, al- Imam Abu Hasan `Ali As-Syadzili, mengatakan, sebagaimana tertulis dalam Risalah Al- Amin, setan akan sedih karena empat hal.

Pertama, tatkala seseorang duduk berpikir tentang hal yang mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, kemudian orang itu mengerjakannya.

Baca Juga

Kedua, ketika seseorang berpikir tentang semua hal yang dapat menjauhkan dirinya dari Allah SWT, kemudian orang itu menjauhinya.

Ketiga, ketika seseorang berpikir tentang dosa-dosa yang telah lalu, kemudian orang itu meminta ampun dan bersyukur.

Keempat, ketika seseorang duduk berpikir tentang sesuatu hal yang telah dia perbuat pada masa lalu kemudian dia bersyukur dan memohon ampunan-Nya.

Pesan sang imam di atas mengisyaratkan upaya pembersihan diri. Hal yang mendekatkan diri kepada Allah, misalkan, adalah upaya membersihkan hati kita dengan selalu mengingat Allah, baik dalam keadaan suka maupun duka.Yadzkuruna Allaha qiyaaman wa qu'udan(Ali Imran: 191). Arti tekstualnya adalah mengingat Allah dalam keadaan berdiri (bahagia) maupun duduk (sengsara).

Melakukan zikir bukanlah untuk mendapatkan materi, melainkan mengharapkan kedekatan Allah. Berharap Allah membersamai kita dalam setiap gerak, langkah, dan perkataan.Hati menjadi tenang. Pandangan indrawi dan rasa batin tak sekadar berpaku pada yang zahir, tapi juga yang tak tampak.

Hal berikutnya adalah ketika seseorang melihat maksiat. Apa yang dia lakukan?

sumber : Dialog Jumat
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA