Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

Apa Saja Hak Tetangga dalam Islam?

Sabtu 20 Aug 2022 05:35 WIB

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Seorang bocah bermain sepeda di salah satu kompleks perumahan bersubsidi di Pandeglang, Banten, Senin (11/7/2022). Apa Saja Hak Tetangga dalam Islam?

Seorang bocah bermain sepeda di salah satu kompleks perumahan bersubsidi di Pandeglang, Banten, Senin (11/7/2022). Apa Saja Hak Tetangga dalam Islam?

Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Nabi SAW menekankan hak-hak tetangga dalam banyak sabdanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam mengajarkan umat Islam untuk menganggap diri mereka sebagai saudara dan saudari dalam iman. Di dalam Alquran disebutkan: "Orang-orang beriman hanyalah satu persaudaraan." (QS. Al-Hujurat: 10)

Dan Nabi SAW menekankan hak-hak tetangga dalam banyak sabdanya, di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga

a. Abu Hurairah (ra) mengutip Nabi berkata: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Pembalasan harus mengucapkan kata-kata yang baik atau diam; siapa pun yang beriman kepada Allah dan Hari Pembalasan harus memperlakukan tetangganya dengan baik, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat harus menunjukkan keramahan kepada tamunya.” (HR. Muslim)

b. Aisyah (ra) mengutip Nabi berkata: "Jibril terkesan kepadaku perlakuan baik terhadap tetangga begitu banyak sehingga saya pikir dia akan memberinya hak warisan."? (HR. Al-Bukhari)

c. Abu Hurairah mengutip Nabi berkata: "Dia tidak akan masuk surga, orang yang tetangganya tidak aman dari perilaku buruknya?" (HR. Muslim)

Memutuskan hubungan tetangga dan menunjukkan perilaku buruk kepada mereka sangat dikutuk dalam Islam. Dilaporkan bahwa seorang pria datang kepada Ibnu Masud (ra) dan berkata:

"Saya memiliki tetangga yang menyakiti saya, mengolok-olok, dan sangat mengganggu saya." Kemudian Ibnu Masud berkata kepadanya: "Kembalilah dan amati kewajiban Allah dalam dirinya seperti yang dia lakukan."

Dan suatu ketika Nabi diberitahu tentang seorang wanita yang biasa berpuasa di siang hari dan shalat di malam hari, namun dia menunjukkan perilaku buruk kepada tetangganya. Nabi berkata: “Dia akan masuk ke dalam api neraka.”

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA