Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

5 Minuman yang Dapat Atasi Penyakit Asam Urat

Sabtu 20 Aug 2022 04:05 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau terkenal dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengelola asam urat tinggi dalam tubuh. Menurut penelitian, minum teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Antioksidan yang ada dalam teh hijau membantu dalam memerangi peradangan yang terkait dengan asam urat.

Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau terkenal dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengelola asam urat tinggi dalam tubuh. Menurut penelitian, minum teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Antioksidan yang ada dalam teh hijau membantu dalam memerangi peradangan yang terkait dengan asam urat.

Foto: www.freepik.com
Tidak hanya teh hijau, kopi dengan tambahan skim diyakini mengurangi asam urat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asam urat adalah produk limbah yang ditemukan dalam darah. Itu dibuat ketika tubuh memecah bahan kimia penting yang disebut purin. Sebagian besar asam urat biasanya larut dalam darah, melewati ginjal dan meninggalkan tubuh dalam bentuk urin. Ketika ada terlalu banyak asam urat dalam tubuh, suatu kondisi yang disebut hiperurisemia akan terjadi.

Dilansir dari thehealthsite, Hiperurisemia dapat menyebabkan pembentukan formasi seperti kristal yang dari waktu ke waktu dapat menetap di persendian dan menyebabkan asam urat, suatu bentuk radang sendi yang bisa sangat menyakitkan.

Asam urat tinggi adalah kondisi kesehatan yang serius yang terutama dipicu oleh makanan dan minuman yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, seperti makanan laut salmon, udang, lobster dan sarden, daging merah, daging kambing, babi dan jeroan. Makanan dan minuman yang terdiri dari sirup jagung fruktosa tinggi dan alkohol seperti bir dan bir non-alkohol lainnya.

Berikut lima minuman yang dapat atasi penyakit asam urat yaitu :

1.Teh Hijau

Siapa yang tidak tahu manfaat teh hijau? Ramuan ini terkenal dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengelola asam urat tinggi dalam tubuh. Menurut penelitian, minum teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Antioksidan yang ada dalam teh hijau membantu dalam memerangi peradangan yang terkait dengan asam urat.

2. Susu Rendah Lemak

Minum segelas susu skim atau susu rendah lemak dapat secara efektif mengurangi jumlah asam urat yang ada dalam darah Anda. Oleh karena itu, susu skim atau susu rendah lemak (Anda juga dapat membuat yoghurt dengan pilihan susu ini) adalah arena yang bagus bagi mereka yang melawan asam urat.

3. Air Lemon

Mulailah hari Anda dengan segelas air lemon dan lihat keajaibannya ketika Anda menderita asam urat atau asam urat tinggi. Yang perlu Anda lakukan adalah memeras lemon segar ke dalam segelas air dan mengonsumsinya. Air lemon kaya akan vitamin C yang membantu menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dapat melakukan keajaiban, tetapi selalu konsumsi dalam jumlah sedang.

4.Teh Herbal

Segelas teh herbal seperti chamomile, lavender, hijau dan kembang sepatu tidak hanya membantu tubuh Anda untuk asupan lebih banyak cairan tetapi juga membantu dalam mengelola masalah asam urat. Seperti yang dikatakan para ahli, meningkatkan konsumsi cairan sangat penting untuk melawan gejala asam urat.

5. Kopi

Minuman lain yang sangat direkomendasikan adalah kopi. Minum kopi bisa membantu Anda mengatasi gejala asam urat tinggi. Para ahli menyarankan orang yang menderita asam urat dapat mengkonsumsi kopi yang dibuat dengan susu skim atau susu rendah lemak (tanpa gula). Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan jumlah cangkir yang dapat Anda minum, namun tidak boleh lebih dari dua cangkir dalam sehari.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA