Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

DKI Jakarta Tawarkan Hunian Dekat Stasiun MRT untuk Pekerja Kelas Menengah

Jumat 19 Aug 2022 14:51 WIB

Red: Nur Aini

Penumpang berjalan turun dari atas MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan hunian Alaspadu dan Rumapadu yang lokasinya dekat Stasiun MRT atau kawasan

Penumpang berjalan turun dari atas MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan hunian Alaspadu dan Rumapadu yang lokasinya dekat Stasiun MRT atau kawasan "Transit Oriented Development" (TOD) untuk pekerja kelas menengah dengan penghasilan Rp7-20 juta per bulan.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Hunian Alaspadu dan Rumapadu untuk pekerja berpenghasilan Rp7-20 juta per bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan hunian Alaspadu dan Rumapadu yang lokasinya dekat Stasiun MRT atau kawasan "Transit Oriented Development" (TOD) untuk pekerja kelas menengah dengan penghasilan Rp7-20 juta per bulan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Alaspadu dan Rumapadu ini dilaksanakan PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui anak usahanya, PT Integrasi Transit Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta, yakni PT Rukita Bhinneka dan PT Cove Living Indonesia.

Baca Juga

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta bahwa kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah dan menengah. Yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi," kata Anies di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Anies mengatakan, Alaspadu dan Rumapadu yang juga merupakan bagian dari program Jakhabitat. Program ini mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah yang belum terakomodasi dalam program perumahan untuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah dan belum mampu memiliki hunian di pusat kota. Anies menjelaskan, pihak pengelola bangunan tidak kehilangan propertinya karena bangunan tersebut tidak dijual maupun dilepas kepemilikannya, melainkan dikelola bersama dengan Pemerintah Provinsi(Pemprov) DKI Jakarta lewat suatu pendekatan kolaborasi untuk menghadirkan hunian tersebut.

Hadirnya Alaspadu dan Rumapadu ditandai dengan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta Farchad Mahfud dengan CEO PT Rukita Bhinneka Sabrina Soewatdy dan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia Rizky Kusumo, yang disaksikan oleh Anies dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy. Kerja sama ini telah menghasilkan 359 unit Alaspadu dengan rincian 106 unit siap huni dan 253 unit dalam tahap persiapan/penjajakan kerja sama.

Hunian Alaspadu tersebar di tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Rukita Kudus Menteng (54 Unit) yang berjarak sekitar 550 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI dan Rukita Jack House Melawai (25 Unit) yang berjarak 290 meter dari Stasiun Blok M BCA. Selanjutnya, COVE Sky Cipete (27 Unit) yang berjarak 700 meter dari Stasiun Cipete Raya. Sementara, 320 unit Rumapadu yang dalam tahap pembangunan dan berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati, yang berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA