Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Ini Alasan Mengapa Jurusan Manajemen Selalu Jadi Favorit Calon Mahasiswa

Jumat 19 Aug 2022 10:55 WIB

Red: Christiyaningsih

Lulusan manajemen dibutuhkan di hampir semua perusahaan sehingga prospeknya cerah.

Lulusan manajemen dibutuhkan di hampir semua perusahaan sehingga prospeknya cerah.

Foto: UNM
Lulusan manajemen dibutuhkan di hampir semua perusahaan sehingga prospeknya cerah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Masih bingung ingin melanjutkan kuliah ke jurusan apa? Jika berbicara mengenai jurusan kuliah, maka harus disesuaikan dengan minat dan passion yang kamu miliki.  Sebab, menjalani pendidikan di bidang yang tidak disukai akan terasa begitu berat dan sulit.

Oleh karena itu, ambil jurusan kuliah sesuai dengan jurusan yang paling diminati. Hal ini akan membuat lulusan lebih mudah masuk ke dunia kerja mengingat prospek karier yang cukup cerah. Salah satunya adalah jurusan Manajemen. 

Baca Juga

Berikut ini beberapa alasan mengapa jurusan Manajemen selalu jadi favorit calon mahasiswa yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Prospek lulusannya sangat bagus

Banyak lowongan kerja menawarkan posisi bagi lulusan Manajemen. Beragamnya lowongan yang bisa dipilih karena berkuliah di Manajemen akan membuka kesempatan karier yang cerah. 

Lulusan Manajemen dapat menjadi seorang pengusaha. Keuntungan kuliah di jurusan manajemen adalah tak hanya diajari untuk menjadi karyawan, tapi juga dibekali ilmu menjadi seorang entrepreneur.

2. Kemampuan organisasi auto-meningkat 

Sejak duduk di bangku kuliah, tidak jarang kita mendengar bahwa kemampuan organisasi sama pentingnya dengan IP (Indeks Prestasi) kuliah. Jurusan Manajemen sangat lekat dengan kemampuan berorganisasi. Maka tidak heran apabila lulusan Manajemen menjadi sosok yang piawai mengorganisir sesuatu.

3. Cocok untuk calon wirausahawan 

Jurusan Manajemen tidak hanya melatih kamu menjadi seorang manajer atau lihai dalam kemampuan manajerial tapi juga mengajarkan wirausaha. Buat kamu yang tertarik menjadi wirausahawan maka jurusan Manajemen memang sangat cocok menjadi pilihan.

4. Bidang ilmu menarik 

Banyak hal menarik di bidang ilmu manajemen. Jurusan kuliah yang satu ini nantinya memang membuat kamu belajar mengenai berbagai ilmu manajerial. Mulai dari manajemen untuk keuangan, SDM, dan lain-lain yang sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan. Lulusan manajemen dibutuhkan di hampir semua perusahaan, sebab semua perusahaan pasti membutuhkan SDM bidang manajemen.

Ketua Program Studi (kaprodi) Manajemen jenjang sarjana (S1) Universitas Nusa Mandiri (UNM) Instianti Elyana menjelaskan jurusan manajemen sangat dibutuhkan pada hampir seluruh perusahaan di berbagai bidang. "Lulusan manajemen dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum etika serta dapat berkomunikasi secara aktif. Oleh karena itu, tak heran jika jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang menjadi pilihan favorit banyak orang mengingat peluang kerja yang luas, " terangnya dalam keterangan pers, Jumat (12/8/2022). 

Ia juga menjelaskan jurusan manajemen menjadi jurusan favorit karena manajemen secara umum mudah dipahami. Di dalamnya mempelajari berbagai macam proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam rangka mencapai suatu tujuan.

"Bidang manajemen merupakan cara atau metode yang digunakan untuk mengelola suatu organisasi yang di dalamnya terdapat banyak ilmu yang dipelajari,” ungkap Elyana.

Jika tertarik mempelajari ilmu manajemen, kamu bisa mengambil jurusan Manajemen jenjang S1 di UNM. UNM telah membuka pendaftaran gelombang keenam sejak 4 Agustus hingga 1 September 2022.

“Kamu cukup melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi MyNusa PMB di Play Store secara gratis atau melalui website http://pmb.nusamandiri.ac.id. UNM juga memberikan keringanan dalam pembayaran perkuliahan dengan sistem cicilan atau diangsur melalui kerja sama dengan aplikasi Danacita dengan bunga 0%," kata Elyana.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA