Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Bendera Merah Putih Sepanjang 1 Kilometer Berkibar di Pantai Pangandaran

Kamis 18 Aug 2022 20:52 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Pemkab Pangandaran melakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 1 kilometer di Pantai Pangandaran, Kamis (18/8/2022).

Pemkab Pangandaran melakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 1 kilometer di Pantai Pangandaran, Kamis (18/8/2022).

Foto: Istimewa
Pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer guna menanamkan rasa nasionalisme

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 1 kilometer di Pantai Pangandaran, Kamis (18/8/2022). Pengibaran bendera itu dilakukan untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer itu dilakukan tak lain untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme kepada masyarakat. Dengan begitu, rasa nasionalisme akan tertanam di dada warga Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga

"Kita lihat para pejuang dulu, hanya untuk membentangkan bendera mereka siap mempertaruhkan nyawa. Nilai itu harus kita ambil sebagai bagian dari pendidikan karakter, terutama anak-anak muda," kata dia.

Jeje mengatakan, pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer itu merupakan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Pangandaran. Kegiatan itu dapat terlaksana atas kerja sama Pemkab Pangandaran, Polres Pangandaran, dan Kodim Ciamis. Ia ingin kegiatan itu tak hanya dilakukan pada tahun ini. "Kalau hari ini satu kilometer, tahun depan bisa dua kilometer," ujar dia.

Ketua Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kabupaten Pangandaran, Satrio, mengatakan, pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer itu dilakukan untuk menumbuhkan semangat juang dan jiwa patriotisme anak-anak, pelajar, organisasi kepemudaan, juga masyarakat sekitar. Menurut dia, dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, semangat itu harus kembali bergelola. "Apalagi selama dua tahun kemarin kita diterpa pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak kegiatan masyarakat yang tak bisa dilakukan," kata dia.

Ia menambahkan, pengibaran bendera itu sengaja dilakukan di Pantai Pangandaran. Pasalnya, Kabupaten Pangandaran merupakan daerah yang identik dengan pariwisata pantai."Jadi sekaligus untuk menarik wisatawan ke Pangandaran," kata dia.

Menurut Satrio, terdapat sekitar 700 orang yang ikut serta dalam pengibaran bendera itu. Tak hanya paskibra yang terlibat, melainkan juga TNI, Polri, Pramuka, ASN, pelajar, dan masyarakat yang ikut andil dalam kegiatan itu secara sepontan. "Kemungkinan ini akan jadi agenda tahunan di Pangandaran. Mudah-mudahan ini bisa lebih meriah lagi dan pesertanya lebih masih lagi," kata dia.

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA