Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Ahli Nutrisi: Konsumsi Protein Tinggi Dapat Atasi Obesitas Visceral

Kamis 18 Aug 2022 20:43 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Obesitas (ilustrasi). Obesitas visceral dapat diatasi salah saatunya dengan mengonsumsi protein tinggi.

Obesitas (ilustrasi). Obesitas visceral dapat diatasi salah saatunya dengan mengonsumsi protein tinggi.

Foto: Pxfuel
Obesitas visceral terjadi ketika lemak berlebih menumpuk di tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli nutrisi dari Herbalife Nutrition dr Rimbawan menyebut konsumsi protein tinggi dapat mengatasi obesitas visceral. Ini merupakan kondisi penumpukan lemak berlebih di tubuh, khususnya di bagian yang tersembunyi.

"Lemak berfungsi sebagai sumber energi, membentuk struktur sel, membantu penyerapan vitamin yang larut lemak, membantu perkembangan otak dan fungsi otak, dan bahkan beberapa jenis dapat menjaga kesehatan jantung," ujar dr Rimbawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (18/8/20222).

Baca Juga

Dr Rimbawan mengatakan setiap kali orang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dikeluarkan, maka akan terkumpul sebagai lemak. Lemak disimpan dalam tubuh pada jaringan adiposa dalam bentuk trigliserida.

Semua jenis lemak, kecuali kolesterol, dapat digunakan sebagai energi. Namun, lemak visceral, yang tersembunyi di dekat hati, pankreas, usus, ginjal, dan lainnya, merupakan yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Jika lemak tersebut berlebih, menurut dr Rimbawan, akan menyebabkan obesitas visceral. Itu memiliki dampak pada pembentukan batu kandung empedu, hati berlemak, gangguan tidur, perubahan memori karena usia dan bahkan beberapa kanker.

"Kondisi ini juga dapat muncul karena alasan lain, sehingga mengatasi obesitas tidak serta merta mengurangi atau menghilangkan risiko kesehatan," kata dia.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA