Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Lomba Makan Pempek Terbanyak akan Jadi Agenda Tahunan di Palembang

Jumat 19 Aug 2022 01:37 WIB

Red: Nur Aini

Sejumlah peserta mengikuti lomba makan pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo Cindo Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (18/8/2022). Perlombaan yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel ini diikuti oleh puluhan peserta dengan mengangkat produk pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo Cindo.

Sejumlah peserta mengikuti lomba makan pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo Cindo Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (18/8/2022). Perlombaan yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel ini diikuti oleh puluhan peserta dengan mengangkat produk pempek di Kampung Kreatif Tanggo Rajo Cindo.

Foto: ANTARA/Feny Selly
Lomba Makan Pempek Terbanyak tersebut dicetuskan oleh sembilan pelaku UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) Aufa Syahrizal menyebutkan, pihaknya segera menjadikan Lomba Makan Pempek Terbanyak sebagai event tahunan yang masuk dalam kalender kepariwisataan daerah ini.

Aufa Syahrizal dikonfirmasi di Palembang, Kamis (18/8/2022) mengatakan, ide Lomba Makan Pempek Terbanyak tersebut dicetuskan oleh sembilan pelaku UMKM pempek Kampung Kreatif Tanggo Rajo, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Baca Juga

Para pelaku UMKM pempek di kampung tersebut, kata dia, terbilang sukses menggelar perlombaan dengan konsep yang mereka usung untuk merayakan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang digelar pada Kamis hingga Ahad (20/8) secara meriah. Sebab, menurutnya perlombaan tersebut bisa manarik antusiasme masyarakat untuk menjadi peserta dengan jumlah mencapai ratusan orang dalam sehari.

"Yang jelas melihat ramainya peserta perlombaan itu kami Pemprov Sumsel mengucapkan terima kasih kepada pencetus, dan kami segera menjadinya sebagai event tahunan bersama Dinas Pariwisata Palembang," kata dia.

Ia menyebutkan, setelah menjadi event tahunan maka kegiatan perlombaan tersebut diharapkan bisa lebih representatif untuk menarik minat kunjungan wisatawan domestik- mancanegara ke Palembang. Hal itu mengingat, pempek Palembang telah mendapatkan sertifikasi Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda pada awal tahun 2022. Lalu pempek menempati peringkat 10 besar yang diusulkan pemerintah untuk mendapatkan sertifikat warisan budaya tak benda dari UNESCO.

"Semuanya sedang kita persiapkan mulai dari pengembangan hulu-hilirnya," kata dia.

Sementara itu, Camat Seberang Ulu I Palembang Mukhtiar mengatakan, pada hari pertama ini kepanitiaan Lomba Makan Pempek Sebanyak-nya mencatat sekitar 400 warga dari berbagai latarbelakang profesi dan usia mengikuti perlombaan. Dalam aturannya setiap peserta mesti menghabiskan makanan olahan berbahan dasar sagu dan ikan giling itu sebanyak-banyaknya beserta saus cukanya yang diberikan oleh panitia dalam waktu 7 menit.

"Semua bergembira dan antusias sekali merayakan HUT Kemerdekaan RI, hingga lomba ini kami catat sebagai lomba makan pempek pertama dengan jumlah peserta ratusan orang," kata dia, tiga orang pemenang lomba bakal mendapatkan uang tunai total jutaan rupiah dan tropi yang diumumkan pada Ahad (20/8).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA