Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Tertarik Jadi System Analyst? Berikut Tugas dan Tanggung Jawabnya

Kamis 18 Aug 2022 20:32 WIB

Red: Christiyaningsih

System analyst jadi salah satu pekerjaan di dunia IT yang sedang naik daun.

System analyst jadi salah satu pekerjaan di dunia IT yang sedang naik daun.

Foto: UNM
System analyst jadi salah satu pekerjaan di dunia IT yang sedang naik daun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – System analyst jadi salah satu pekerjaan di dunia IT yang sedang naik daun. Selain karena beririsan dengan developer dan programmer, posisi ini dicari karena perannya dalam urusan teknologi dan bisnis yang terbilang cukup besar.

Berangkat dari hal tersebut, system analyst juga banyak diburu oleh perusahaan-perusahaan besar. System analist tidak hanya akan diberi gaji besar, tetapi juga memiliki keleluasaan dan peran vital di tubuh perusahaan.

Baca Juga

Prospek karier sebagai system analyst atau analis sistem terus bertumbuh seiring berkembangnya industri dan permintaan akan tenaga profesional IT. Analis sistem komputer atau bisa juga disebut dengan system analyst merupakan sebuah pekerjaan yang bertugas dalam analisis, mengoordinir, hingga melakukan aplikasi pada sebuah sistem teknologi komputer.

Orang yang berprofesi sebagai system analyst banyak berperan sebagai pemimpin dalam proyek sistem baru pada suatu perusahaan. Selain itu, posisi system analyst pada perusahaan juga ikut meneliti sistem terbaru yang berhubungan dengan pembaharuan TI maupun bagian infrastruktur. Dengan begitu, setiap perusahaan bisa lebih efisien dalam pengadaan teknologi baik itu untuk kantor maupun untuk masyarakat.

Menarik bukan, menjadi seorang system analyst? Ingin tahu lebih banyak tugas dan tanggungjawab seorang system analyst? Berikut beberapa tugas dan tanggungjawab seorang system analyst:

1. Memelihara dan mengatasi data warehouse dan sistem penyimpanan data

2. Melakukan riset tren teknologi

3. Mengidentifikasi kebutuhan organisasi dari sistem IT

4. Merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi khusus 

5. Meningkatkan fungsionalitas dan kinerja sistem serta jaringan komputer yang ada

6. Menguji sistem baru

7. Membahas kebutuhan klien dan pengguna, mengidentifikasi kerentanan atau area dengan kinerja buruk untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan akurasi 

8. Mempersiapkan dan menganalisa laporan cost and benefit untuk peningkatan kualitas 

9. Mengomunikasikan keputusan strategis dengan karyawan di departemen TI lainnya

10. Melatih pengguna akhir dan menulis instruksi manual untuk penggunaan karyawan atau pelanggan

Seorang system analyst memiliki peran penting pada perusahaan. Ketua program studi (Kaprodi) Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) Agus Subekti mengatakan system analyst akan menilai sistem komputer dalam suatu perusahaan dan merekomendasikan perubahan pada perangkat keras dan lunak untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

“System analyst juga perlu meyakinkan staf dan manajemen untuk mengadopsi solusi teknologi yang memenuhi kebutuhan organisasi. Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan keingintahuan yang kuat untuk belajar secara berkelanjutan untuk melacak trend dalam teknologi yang terus berkembang,” ujar Agus dalam keterangan pers, Jumat (12/8/2022).

Ia mengatakan jika tertarik menjadi seorang system analyst, bisa melanjutkan perkuliahan di prodi Magister Ilmu Komputer UNM. Saat ini, UNM telah membuka gelombang ke-6 sejak 4 Agustus hingga 1 September 2022.

“Silakan melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi MyNusa PMB di Play Store secara gratis atau melalui website http://pmb.nusamandiri.ac.id. UNM juga memberikan keringanan dalam pembayaran perkuliahan dengan sistem cicilan atau diangsur melalui kerja sama dengan aplikasi Danacita dengan bunga 0%,” kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA