Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Gubernur Kalteng Serahkan Tali Asih Veteran Pejuang dan Paskibraka

Kamis 18 Aug 2022 19:03 WIB

Red: Christiyaningsih

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dengan para pejuang/veteran dan paskibraka.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dengan para pejuang/veteran dan paskibraka.

Foto: Pemprov Kalteng
Para veteran mendapatkan uang tali asih Rp 250 juta per orang

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menggelar Ramah Tamah dengan para Pejuang/Veteran, Wredatama, Warakawuri, dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam Rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022. Acara berlangsung di Aula Jayang Tingang, Kamis (18/8/2022).

Dalam sambutannya, gubernur mengatakan acara ramah tamah ini merupakan momentum untuk memupuk dan memperkuat komitmen jati diri anak bangsa dalam menghargai jasa-jasa para sesepuh dan tokoh pejuang yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan pembangunan, khususnya di Kalteng. “Melalui acara ini, diharapkan kita dapat mengenang kembali dan menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan, serta menanamkan pentingnya arti nilai-nilai kepahlawanan, khususnya di Kalteng yang kita cintai ini,” tutur Gubernur.

Baca Juga

Gubernur menjelaskan kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang di tengah acara ini akan memberikan kekuatan, semangat, dan sekaligus motivasi termasuk kepada adik-adik Paskibraka sebagai generasi penerus bangsa. Generasi muda diharapkan meneladani semangat para pahlawan dalam melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan. 

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dengan para pejuang/veteran dan paskibraka. - (Pemprov Kalteng)
Sugianto mengatakan sebagai bangsa yang berbudaya, kita selalu memberikan penghormatan dan tidak melupakan jasa-jasa pejuang kemerdekaan. Salah satunya dengan ikut ambil bagian memajukan pembangunan, menumbuhkan perekonomian, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para veteran, purnawirawan, wredatama, warakawuri, dan semua pejuang yang telah mendharmabhaktikan dirinya untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya Kalteng yang kita cintai bersama ini,” tegas gubernur.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin dalam laporannya menyampaikan ramah tamah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022. Acara ini digelar untuk silaturahmi dengan para sesepuh pejuang/veteran yang telah berjasa besar bagi kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Kalteng.

“Dengan adanya acara ramah tamah ini, menjadi harapan kita bersama, dapat sekaligus semakin menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme para pahlawan pendahulu kepada kita semua sebagai generasi penerus bangsa, termasuk adik-adik Paskibraka,” kata Nuryakin.

Di tempat yang sama, Ketua Veteran Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Kalteng Kapten (Purn) Panggabean mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kalteng yang sangat luar biasa kepada para pejuang/veteran, wredatama, dan warakawuri. Ia juga mengapresiasi paskibraka yang sudah semangat mengibarkan bendera merah putih di tengah hujan deras.

“Saya ucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah provinsi, mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan satu persatu. Saya juga angkat jempol untuk paskibraka, biar hujan deras dan berlumpur tapi tidak menyurutkan semangat kalian semua,” ujar Kapten (Purn) Panggabean.

Selanjutnya gubernur memberikan tali asih kepada para pejuang/veteran yang ada di Palangka Raya berupa uang senilai Rp 250 juta per orang. Sedangkan paskibraka diberikan uang apresiasi dan pembinaan senilai Rp 7,5 juta per orang melalui tabungan Bank Kalteng sekaligus piagam penghargaan. Untuk pelatih diberikan uang senilai Rp 15 juta  per orang melalui tabungan Bank Kalteng dan piagam penghargaan.

Turut hadir Wakil Gubernur Edy Pratowo, Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran, Wakil Ketua DPRD Abdul Razak, Forkopimda, para asisten, staf ahli, dan kepala perangkat daerah.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA