Kamis 18 Aug 2022 17:18 WIB

Uhamka Gelar Peringatan HUT Ke-77 RI dan Santuni Anak Yatim

Akreditasi Unggul merupakan hadiah terbaik untuk Uhamka.

Uhamka menggelar acara peringatan HUT RI yang ke-77 dan pemberian santunan 1.000   anak yatim, Rabu (17/8/2022).
Foto: Dok Uhamka
Uhamka menggelar acara peringatan HUT RI yang ke-77 dan pemberian santunan 1.000 anak yatim, Rabu (17/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) merupakan  kampus Islam terbaik di dunia peringkat ke-22 dan terbaik se-Indonesia ke-10 serta telah terakreditasi Unggul. Uhamka turut menggelar upacara bendera memperingati HUT RI yang ke-77 serta tasyakuran Uhamka atas raihan akreditasi Unggul dengan agenda santunan kepada 1.000 anak yatim, Rabu (17/8/2022).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku rektor Uhamka, Prof Abd  Rahman A  Ghani selaku wakil rektor I, Zamah Sari selaku wakil rektor II, Lelly Qodariah selaku wakil rektor III, Bunyamin selaku wakil rektor IV, dekan dilingkungan Uhamka, direktur, kepala biro,sekretaris universitas,unit, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan stakeholders Uhamka lainnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para stakeholders (pemangku kepentingan)  Uhamka karena upacara ini dilakukan setelah dua tahun telah terhenti diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Selain itu kegiatan ini juga menjadi momentum rasa syukur akan raihan akreditasi Uhamka yang telah didapatkan atas raihan yang dipimpin oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku rektor Uhamka. 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa akreditasi Unggul merupakan sebuah hadiah terbaik untuk Uhamka. Ia mengemukakan, civitas akademika Uhamka tentunya harus terus meningkatkan berbagai aspek pendukungnya, di antaranya sistem tata kelola hingga berbagai riset terbaru. 

“Akreditasi Unggul ini merupakan sebuah kepercayaan besar untuk Uhamka. Maka dari itu kita harus terus bersinergi dan bekerja keras untuk mempertahankan dan meningkatkan Uhamka Unggul melalui peningkatan pelayanan, sistem kelola yang terus dikembangkan, dan riset yang terus diperbarui,” ujar Prof Gunawan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/8/2022). 

Selanjutnya, Prof Gunawan menyampaikan bahwa sebagai bentuk rasa syukur Uhamka karena telah mendapatkan nikmat melalui akreditasi Unggul serta masih dipercaya di masyarakat, maka Uhamka melalui Lazismu Uhamka melaksanakan santunan anak yatim. Hal ini pula sebagai bentuk amanat KI H Ahmad Dahlan  (pendiri Muhammadiyah) yang perlu dilaksanakan oleh Amal Usaha Muhammadiyah dalam kaitan ini adalah Uhamka.

"Alhamdulillah, rasa syukur Uhamka mendapatkan nikmat yang begitu besar yaitu memperoleh akreditasi Unggul dan masih dipercaya di masyarakat. Sebagai bentuk bukti kesyukuran yang didapatkan maka kami Uhamka laksanakan kegiatan ini yaitu syukuran dengan agenda memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim,” tutur Gunawan.

Gunawan menambahkan, santunan anak yatim ini merupakan bentuk kepedulian Uhamka terhadap sesama yang harus dilaksanakan atas amanat dari KH Ahmad Dahlan. “Dalam hal ini, Uhamka mempercayakan kepada Lazismu Uhamka untuk menyalurkan santunan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Nandi Rahman selaku kepala Kantor Lazismu Uhamka mengatakan,  dana peduli yatim yang masuk ke rekening Lazismu Uhamka sebesar Rp 127.200.000,  hasil dari urunan bapak ibu dosen maupun tenaga kependidikan Uhamka serta ditambahkan dana dari Uhamka sebesar Rp 121.000.000.  Sehingga,  total dana yang terkumpul sejumlah Rp 248.200.000,-

"Alhamdulillah, kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada bapak/ibu atas fastabiqu al khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) bapak/ibu untuk Uhamka Peduli Yatim/Piatu/yatim piatu. Semoga Allah melipat gandakan infaq dan shadaqah yang telah disalurkan kepada Lazismu Uhamka," ujar Nandi.

Dalam kegiatan ini pula Uhamka melalui Biro Akademik memberikan pembinaan sekaligus monitoring terhadap penerima beasiswa KIP dan penerima beasiswa bidikmisi agar mereka tetap semangat belajar, selanjutnya Uhamka memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi atas capaian yang didapatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement