Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Inilah Deretan Mobil Unggulan yang Dipamerkan di GIIAS 2022

Kamis 18 Aug 2022 13:39 WIB

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kedua kiri) didampingi jajaran Direktur TAM Anton Jimmi Suwandy (kiri) dan Fumitaka Kawashima (kanan) berdiri disamping mobil All New GR 86, line up terbaru dari brand GAZOO Racing (GR) saat peluncurannya pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). Mobil All New GR 86 adalah model sports car GR global ke-3 bersama GR Supra dan GR Yaris yang dikembangkan langsung TOYOTA GAZOO Racing (TGR) dan tampil dengan mesin dan desain baru yang lebih agresif serta sporty.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kedua kiri) didampingi jajaran Direktur TAM Anton Jimmi Suwandy (kiri) dan Fumitaka Kawashima (kanan) berdiri disamping mobil All New GR 86, line up terbaru dari brand GAZOO Racing (GR) saat peluncurannya pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). Mobil All New GR 86 adalah model sports car GR global ke-3 bersama GR Supra dan GR Yaris yang dikembangkan langsung TOYOTA GAZOO Racing (TGR) dan tampil dengan mesin dan desain baru yang lebih agresif serta sporty.

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
BMW perkenalkan kendaraan premium inovatif berbasis teknologi elektrifikasi terkini

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) selalu dijadikan momen untuk mendongkrak pasar otomotif lewat kehadiran sejumlah produk baru. Pada GIIAS 2022, sejumlah bintang baru pun bermunculan demi bisa menjawab kebutuhan kendaraan yang makin beraga,

Salah satu bintang baru yang paling menarik perhatian adalah produk terbaru dari Toyota. Dalam pemeran yang digelar di ICE-BSD, Tangerang, Banten ini, pabrikan Jepang tersebut menghadirkan gebrakan lewat peluncuran All New GR 86.

Baca Juga

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan Toyota menghadirkan All New GR86 sebagai generasi ke-2 sports car Toyota 86 yang telah berhasil memikat hati pelanggan dengan penampilan khas mobil sport Toyota dan fun to drive dengan handling lincah serta akurat.

Selain itu, sports car ini juga hadir dengan bobot ringan, distribusi berat seimbang, serta center of gravity rendah. Semua poin kelebihan dalam Toyota 86 pun semakin diperkuat oleh All New GR86 yang dibekali dengan peningkatan tenaga mesin.

“Toyota 86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan juga mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan. Kami bersyukur sejak diperkenalkan pada tahun 2012, lebih dari 800 unit Toyota 86 telah menjadi sports car pilihan pelanggan di Indonesia. Oleh karena itu, kami hadirkan All New GR86 dengan mesin baru yang lebih bertenaga, serta desain yang lebih agresif dan sporty untuk menjawab passion dan ekspektasi penggemarnya di Indonesia,” kata Anton Jimmi Suwandy.

Mesin terbaru dalam mobil ini sendiri dijuluki sebagai Dynamic Force Engines dengan kapasitas 2,4 liter. Lewat mesin baru tersebut, produk yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 922 juta tersebut bisa menyajikan peningkatan tenaga sebesar 17,5 persen serta peningkatan torsi 22 persen.

Selanjutnya, Hyundai pun ikut melakukan gebrakan lewat peluncuran Hyundai Stargazer. Mobil MPV yang disebut dengan "bintang baru keluarga" itu pun langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur mengatakan, hal itu terlihat dari tingginya jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK). "Total SPK Stargazer sekitar 2 ribu unit," kata Makmur saat dijumpai dalam GIIAS 2022.

Hal itu pun membuatnya optimistis produk tersebut bisa jadi salah satu produk Hyundai yang paling laris. Terlebih, pengembangan produk tersebut dilakukan dengan sangat mempertimbangkan karakter pasar di Indonesia.

Untuk performa, produk yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 243 juta hingga Rp 307 juta ini sendiri ditunjang oleh mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 PS dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm.

Berikutnya, terobosan produk juga ditawarkan oleh pabrikan China bernama Wuling. Lewat ajang pameran yang digelar pada 11 hingga 21 Agustus itu, Wuling resmi meluncurkan mobil listrik bernama Wuling Air ev.

Setelah diluncurkan, Republika pun berkesempatan untuk menguji impresi berkendara dari mobil mungil yang ditawarkan dengan harga Rp 238 juta dan Rp 295 juta tersebut. Dalam sesi test drive, Wuling memberikan kesempatan agar Republika bisa menjajal kemampuan akselerasi, manuver serta sejumlah fitur unggulan dari produk hijauitu.

Untuk akselerasi, mobil ini terasa cukup mumpuni karena dibekali dengan drive motor berkemampuan 40 daya kuda. Dimensinya yang kompak pun membuat mobil ini sangat gesit saat bermanuver di tikungan maupun saat berbalik arah.

Untuk kepraktisan, mobil ini juga dibuat untuk bisa memanjakan pengendara lewat fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan Rotary Gear Selector. Untuk menghidupkan mesin pun, pengemudi dimanjakan karena tak perlu menekan tombol start tapi cukup menginjak rem selama beberapa detik maka otomatis mobil telah siap untuk memulai perjalanan.

Penetrasi pasar electric vehicle pun dipertegas oleh BMW. President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan mengatakan, BMW mengambil langkah nyata menuju mobilitas masa depan memperkenalkan kendaraan premium inovatif yang berkelanjutan serta konsisten mendorong inovasi dan membangun kesadaran akan teknologi dengan energi terbarukan yang fokus pada sustainability, dan mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik premium di Tanah Air.

"Hal itu pun dipertegas dengan peluncuran BMW iX dan BMW i4 di Indonesia. Kehadiran produk terbaru ini dihadirkan sebagaitolak ukur baru dari sebuah kendaraan listrik mewah yang canggih dan ramah lingkungan,” kata Ramesh.

BMW iX sendiri adalah Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman dan luas. Varian model yang diluncurkan di Indonesia adalah BMW iX xDrive40 yang memiliki output lebih dari 326 daya kuda sehingga, memungkinkannya untuk melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Sedangkan BMW i4 merupakan kendaraan bebas emisi yang fungsional dan stylish khas gran coupé empat pintu. Produk ini dihadirkan lewat varian BMW i4 eDrive40 berkemampuan 340 daya kuda sehingga bisa berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam 5,7 detik.

Sebagai brand yang concern terhadap keselamatan berkendara, green car ini pun dibekali dengan beragam fitur seperti Driving Assistant Professional termasuk Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Front Collision Warning with Brake Intervention, Crossing Traffic Warning Rear dan Rear

Collision Prevention

Soal harga, BMW iX xDrive40 Sport sendiri ditawarkan dengan harga sekitar Rp 2,2 miliar sedangkan BMW i4 eDrive40 M Sport ditawarkan dengan harga Rp 1,9 miliar. Lewat strategi produk ini, brand Jerman ini pun confidence untuk bisa mengakomodasi segmen premium yang membutuhkan kendaraan futuristik tapi tak berdampak negatif bagi lingkungan.

Berikutnya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menggunakan momentum GIIAS 2022 sebagai momen untuk mulai memasarkan roadster dari Mazda.

Managing Director EMI, Ricky Thio mengatakan, produk roadster yang diboyong kali ini adalah Mazda MX-5. "Ini menjadi bukti keseriusan Mazda dalam menghadirkan karya terbaik di GIIAS 2022 untuk publik di Indonesia," kata Ricky Thio.

Mazda MX-5 sendiri merupakan sebuah lightweight two-passenger roadster sports car dengan format front mid-engine rear-wheel-drive layout. Mazda mengembangkan produk ini sebagai sebuah mobil ringkas, ringan dan futuristik.

"Kami memutuskan untuk memasarkan produk ini karena ingin menjembatani konsumen yang ingin merasakan sensasi Jinba ittai atau sensasi berkendara yang bisa mempersatukan hubungan emosional antara pengemudi dan kendaraan. Mazda MX-5 sangat kental dengan nuansa tersebut karena memang mobil ini dikembangkan dengan spirit Jinba ittai," ujarnya.

Mobil ini sendiri dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp 800 juta. Menurutnya, konsumen Indonesia yang menginginkan mobil ini perlu untuk inden selama sekitar empat bulan.

Ia yakin mobil ini bisa jadi incaran kaum jetset karena performanya ditunjang oleh mesin 2 liter berkemampuan 180 daya kuda. Demi alasan keamanan, maka produk yang dipasarkan di Indonesia merupakan mobil yang menerapkan atap retractable fastback.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA