Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 Jadi Ajang Ekosistem Industri

Kamis 18 Aug 2022 13:35 WIB

Red: Budi Raharjo

Gelaran Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan berlangsung selama dua hari dan pendaftaran gratis saat ini sudah mencapai lebih dari 2.400 pengunjung.

Gelaran Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan berlangsung selama dua hari dan pendaftaran gratis saat ini sudah mencapai lebih dari 2.400 pengunjung.

Foto: Istimewa
Digelar offline, ajang ini hadirkan teknologi penopang tranformasi digital

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perhelatan besar tahunan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 siap digelar pekan depan. Perhelatan ini sebagai wujud dukungan dalam percepatan implementasi Industri 4.0 yang mendukung industri inklusif dan berkelanjutan. 

Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) kembali berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan Naganaya Indonesia untuk menggelar acara ini. Rencana perhelatan digelar secara offline pada 24-25 Agustus 2022 di Bidakara, Jakarta. 

Dalam acara konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (18/8/2022), Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri, Kemenperin, Heru Kustanto, mengatakan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan menjadi ajang bagi ekosistem industri. Ajang untuk bertemu, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia baik bagi pemerintah, pelaku industri, akademisi, penyedia teknologi maupun pemerhati industri 

"Sinergi dan kolaborasi antar pihak berperan penting dalam implementasi industri 4.0 sesuai program prioritas Making Indonesia 4.0," ujar Heru. "Implementasi industri 4.0 merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan dan mendorong pemulihan sektor industri dalam negeri." 

Ketua Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Andi Budimansyah, menambahkan Industri 4.0 melibatkan seluruh SDM dengan pengoptimalkan penggunaan teknologi. Alur kerja yang efektif dan efisien diharapkan akan menghasilkan produksi yang berkualitas dengan tingkat efisiensi sumber daya yang lebih optimal.

Gelaran Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan berlangsung selama dua hari dan pendaftaran gratis saat ini sudah mencapai lebih dari 2.400 pengunjung. Nantinya, disamping dapat menikmati pameran dan konferensi yang menampilkan lebih dari 850 produk dan solusi teknologi terkini serta informasi terkait industri 4.0, pengunjung juga dapat menikmati fitur lain diantaranya Silent Conference, Warehouse of Idea, dan Cocktail Reception Party.

Direktur Utama Naganaya Indonesia selaku organizer acara, Aditya Adiguna, menyampaikan Indonesia 4.0 Conference & Expo terlahir dari adanya program Making Indonesia 4.0 pada 2018. Event ini akan menjadi sebuah taman bermain untuk seluruh pemangku kepentingan bertemu dan berdiskusi. "Ditampilkan ratusan produk, solusi berbasis teknologi terkini dalam menopang transformasi digital," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA