Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Ratusan Jadah Tempe Ludes Diserbu Wisatawan di Gelar Budaya HUT RI

Rabu 17 Aug 2022 22:49 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Ratusan jadah tempe ludes diserbu wisatawan Gelar Budaya Pelaku Wisata Kaliurang dalam rangka perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). (ilustrasi)

Ratusan jadah tempe ludes diserbu wisatawan Gelar Budaya Pelaku Wisata Kaliurang dalam rangka perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). (ilustrasi)

Foto: Bukalapak
Jadah tempe merupakan makanan khas destinasi wisata Kaliurang, Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ratusan makanan khas destinasi wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu jadah tempe ludes dinikmati para wisatawan. Mereka hadir dan memeriahkan Gelar Budaya Pelaku Wisata Kaliurang dalam rangka perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Pada kegiatan yang berlangsung di destinasi Nawang Jagad Kaliurang tersebut, komunitas Sentra Jadah Tempe Kaliurang membagikan ratusan jadah tempe secara gratis untuk dinikmati wisatawan. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, animo masyarakat dari perwakilan komunitas-komunitas pelaku pariwisata di lereng Merapi antusias mengikuti rangkaian peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Baca Juga

"Terlihat dari peserta upacara yang hadir dengan memakai baju daerah beragam provinsi dari daerah Sumatra sampai Papua mewarnai kekhidmatan upacara bendera yang diselenggarakan di destinasi wisata Nawang Jagad Kaliurang Barat," kata dia.

Dalam upacara bendera tersebut petugas-petugas mulai dari komandan upacara sampai dengan paduan suara semua dari masyarakat lingkup kawasan wisata Kaliurang. Dinas Pariwisata Sleman dan pelaku pariwisata memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk lebih mempererat kerja sama antarpelaku dan komunitas, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.

"Kami juga ingin, kegiatan ini dapat mempercepat pemulihan sektor wisata di Sleman," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, komunitas-komunitas pelaku pariwisata menyediakan hadiah untuk 20 peserta upacara yang terbaik dalam memakai pakaian daerah dan juga pakaian yang menarik dengan diberikan hadiah masing-masing sebesar Rp 200 ribu.

Sebagai penutup kegiatan di Nawang Jagad dilaksanakan flashmob Tari Badui oleh seluruh peserta upacara dan wisatawan yang dipandu kolaborasi dari Sanggar Tari Krincing Manis Jaban Tridadi, Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree Balangan Karangpakis, Wukirsari, Cangkringan. "Kehebohan juga terasa saat digelarnya kembali flashmob Tari Badui di Tlogo Putri Kaliurang yang diikuti juga oleh wisatawan serta penampilan Band Rebo Ngeslow Kaliurang," kata dia.

 

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA