Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Pushilin: Perjuangan Donetsk untuk Merdeka Serupa dengan Korea Utara

Rabu 17 Aug 2022 09:21 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda

Pemimpin Donetsk, Denis Pushilin. Menurut Pushilin, kerja sama bilateral dengan Korea Utara akan menguntungkan kedua belah pihak.

Pemimpin Donetsk, Denis Pushilin. Menurut Pushilin, kerja sama bilateral dengan Korea Utara akan menguntungkan kedua belah pihak.

Foto: AP/AP
Pemimpin Donetsk ingin jalin kerja sama dengan Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pemimpin wilayah separatis Donetsk, Denis Pushilin, ingin mengembangkan kerja sama bilateral dengan Korea Utara. Pushilin telah mengutarakan permintaan tersebut melalui surat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Kantor berita negara KCNA melaporkan, Pushilin menulis surat untuk memberikan selamat kepada Kim dalam perayaan hari pembebasan Korea pada 15 Agustus. Dalam surat itu, Pushilin menyoroti upaya rakyat Donbas untuk meraih kemerdekaan dan keadilan yang serupa dengan perjuangan rakyat Korea Utara.
 
"Orang-orang di wilayah Donbas juga berjuang untuk mendapatkan kembali kebebasan dan keadilan seperti yang dilakukan rakyat Korea 77 tahun yang lalu," kata laporan KCNA mengutip surat Pushilin.  
 
"Pesan tersebut menyatakan keyakinan bahwa kerja sama bilateral yang sama-sama menguntungkan kepentingan rakyat kedua negara akan dicapai antara Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Demokratik Korea," kata laporan KCNA.
 

Baca Juga

 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA