Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Asyik! PGN Tambah Jaringan Agar Ibu-Ibu di Tangerang tak Khawatir Kehabisan Gas Lagi

Rabu 17 Aug 2022 07:40 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga memeriksa meteran gas yang terpasang. PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina terus berupaya merealisasikan komitmen dalam memberikan layanan gas bumi yang kompetitif dan ramah lingkungan melalui jaringan gas rumah tangga. Pada Sabtu, (13/8), PGN meresmikan sekaligus menyalurkan gas perdana (gas in) di Cluster Catalina, Kabupatan Tangerang, Banten.

Warga memeriksa meteran gas yang terpasang. PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina terus berupaya merealisasikan komitmen dalam memberikan layanan gas bumi yang kompetitif dan ramah lingkungan melalui jaringan gas rumah tangga. Pada Sabtu, (13/8), PGN meresmikan sekaligus menyalurkan gas perdana (gas in) di Cluster Catalina, Kabupatan Tangerang, Banten.

Foto: Antara/Wahdi Septiawan
PGN tambah jargas rumah tangga di cluster Catalina, Tangerang, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina terus berupaya merealisasikan komitmen dalam memberikan layanan gas bumi yang kompetitif dan ramah lingkungan melalui jaringan gas rumah tangga. Pada Sabtu, (13/8), PGN meresmikan sekaligus menyalurkan gas perdana (gas in) di Cluster Catalina, Kabupatan Tangerang, Banten.

Gas in di Cluster Catalina merupakan program pembangunan jargas tahun 2021. PGN telah melayani sekitar 35.000 Sambungan Rumah (SR) di Tangerang. Khusus wilayah Catalina sebanyak 800 SR dan bertahap akan dilakukan gas in, dimulai Sabtu, 13 Agustus 2022, sebagian telah disalurkan perdana sekitar 400 SR.

Pembangunan jargas di Cluster Catalina mendapatkan sambutan sangat baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang maupun masyarakat. “Alhamdulillah hari ini kita akan melakukan peresmian dan penyaluran gas yang tentunya akan didapatkan oleh segenap warga masyarakat perumahan Catalina. Ini salah satu yang pertama (gas in),” ujar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dalam sambutannya, (13/8).

Zaki menyatakan bahwa dari pemerintah daerah akan terus mendukung progam-program baik dari pemerintah pusat maupun BUMN dalam rangka memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat, terutama layanan dasar kepada masyarakat. Salah satu hal yang penting adalah dari pengaliran gas ini, masyarakat mendapatkan pelayanan energi yang murah, bersih, dan aman. Tentunya akan jauh lebih menunjang masyarakat.

“Ini juga sangat penting, karena program ini akan mendukung Kabupaten Tangerang dalam mengurangi emisi dan penggunaan gas yang berasal dari fosil lainnya,” kata Zaki.

Pemerintah Kabupaten Tangerang juga akan terus mendorong agar wilayah lain, terutama yang sudah mendekati dengan jalur pipa gas bisa mendapatkan fasilitas yang sama. Mudah-mudahan dengan penggunaan gas ini juga akan mendukung program Tangerang Bersih.

“Seperti UMKM, rumah tangga, ini akan lebih mudah lagi. Tidak perlu lagi khawatir kehabisan gas, karena ini akan secara konstan. Seperti listrik, kita akan mendapatkan pasokan. Tapi tentu saja bayarnya harus tertib nantinya,” imbuh Zaki.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan bahwa gas in di Cluster Catalina merupakan wujud nyata dari PGN untuk melayani masyarakat dan untuk jargas ini akan terus dilakukan secara continue. Dari gas in hari ini, masyarakat diharapkan akan mendapatkan benefit, salah satunya tidak perlu repot-repot untuk ganti tabung dan tidak perlu kehabisan gas di tengah jalan saat sedang memasak.

“Paling penting juga adalah membantu UMKM dimana harga yang kami tawarkan cukup kompetitif. Untuk UMKM cukup menguntungkan, karena bapak ibu bisa pakai dulu nanti bulan berikutnya di tanggal lima atau enam, bapak ibu punya kewajiban untuk bayar. Jadi gas bisa dipakai dahulu, baru bayar kemudian,” papar Rachmat.

“Sebagai perwakilan warga Cluster katalina mengucapkan terima kasih dimana dengan keberadaan PGN, pertama kita bisa meningkakan UMKM di wilayah kita. Kedua, ibu-ibu rumah tangga tengah malam kehabisan gas, kemungkinan bisa teratasi,” kata Ketua RW Cluster Catalina Arif Budi Santoso.

Lebih lanjut, Arif berharap bahwa kerjasama dengan PGN dapat terus berlanjut untuk pemasangan gas, sehingga di tahun 2023, area Catalina sebanyak 800 KK bisa menikmati gas PGN.

“Semoga pembangunan jargas ini bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah kabupaten Tangerang beserta aparat yang ada, dan juga mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Tangerang,” pungkas Rachmat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA