Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Debut Perdana Skateboard di Porprov Banten VI

Selasa 16 Aug 2022 21:19 WIB

Red: Christiyaningsih

Untuk pertama kalinya cabang olahraga skateboard dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Banten ke VI pada November 2022 di Kota Tangerang.

Untuk pertama kalinya cabang olahraga skateboard dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Banten ke VI pada November 2022 di Kota Tangerang.

Foto: Pemprov Banten
Skateboard bukan pertandingan eksebisi tapi sebagai salah satu kategori pertandingan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Untuk pertama kalinya cabang olahraga skateboard dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Banten ke VI pada November 2022 di Kota Tangerang. Selaku tuan rumah, Kota Tangerang memasukkan skateboard bukan sebagai pertandingan eksebisi melainkan sebagai salah satu kategori pertandingan terukur yang turut di lombakan di dalamnya.

Wakil Ketua KONI Kota Tangerang Arsani Maidi menyebutkan latar belakang dimasukkannya skateboard sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Porprov Banten VI. Ia mengatakan dimasukkannya skateboard adalah untuk menjaring semua potensi-potensi cabang olahraga yang ada di Kota Tangerang.

Baca Juga

"Kita ingin membuka ruang semua komunitas dan kalangan yang memang saat ini cabang olahraga skateboard sedang tren di kalangan anak muda dan telah dipertandingkan pada Asian Games dan Olimpiade," ujar Arsani Maidi.

Skateboard telah menjadi salah satu extreme sport yang telah eksis di Kota Tangerang sejak tahun 1990-an dan sering diperlombakan pada banyak event kompetisi. Berbagai kompetisi skateboard yang diadakan berhasil memunculkan atlet-atlet berprestasi baik skala lokal hingga nasional.

Ketua Bina Prestasi Porserosi Kota Tangerang, Muhammad Alfian, menerangkan cabang olahraga skateboard berada di bawah naungan Porserosi Kota Tangerang bersama dengan cabang olahraga sepatu roda. Dirinya pun mengaku bangga dan antusias dengan masuknya skateboard sebagai salah satu cabang olahraga yang turut dipertandingkan pada Porprov Banten ke-VI nanti.

"Skateboard akan dimainkan pada dua nomor yaitu Open Street Pria dan Game Of Skate Open Pria. Semoga skateboard bisa memberikan tambahan medali bagi Porserosi Kota Tangerang," harap Muhammad Alfian.

Laga perdana skateboard pada Porprov Banten VI ini akan menjadi pertandingan yang mendebarkan karena akan diikuti atlet dari lima wilayah kota/kabupaten di Provinsi Banten yaitu Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak.

Agis Garicia selaku pelatih tim skateboard Kota Tangerang menyebut telah melakukan pemusatan latihan terhadap atlet skateboard Kota Tangerang sejak awal 2022.

Para atlet yang akan bertanding adalah Ali Akbar, Daegal Hafiz, dan Zaki Turquois. Ketiganya akan meluncur di lapangan beton yang dirancang dengan rel, box, hubba, dan piramid. 

"Tim sedang melaksanakan pemusatan latihan untuk menghadapi Porprov Banten ke-VI. Selaku tuan tumah kami mengharapkan event berjalan lancar dan baik serta atlet Kota Tangerang mampu menunjukkan performa yang maksimal dengan target medali emas," ujar Agis Garicia yang juga salah satu pelopor skateboard di Kota Tangerang ini.

Dengan menambahkan skateboard sebagai salah satu cabang olahraga baru pada Porprov Banten ke-VI ini, KONI dan Porserosi Kota Tangerang berharap dapat  memotivasi kalangan muda untuk giat berolahraga dan berkarya membangun Kota Tangerang melalui ajang prestasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA