Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Tari Melinting Lampung Warnai HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka

Selasa 16 Aug 2022 18:06 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ilham Tirta

Tari Melinting

Tari Melinting

Foto: Universitas Malahayati
Para penari dibawa langsung dari tempat asal tarian tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Tari Melinting asal Desa Nibung, Kecamatan Melinting, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, akan mewarnai prosesi penurunan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih pada HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). Para penari dibawa langsung dari tempat asal tarian tersebut.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, Tari Melinting diberikan ruang untuk tampil di Istana Merdeka pada penurunan Bendera Merah Puti pada petang hari. Terpilihnya tari melinting untuk tampil di Istana Merdeka pada upacara HUT Ke-77 RI Rabu (17/8/2022), adalah permintaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Baca Juga

"Ini permintaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi keberangkatan para penari Tari Melinting menuju Istana Merdeka. Dan akan dikirim sebanyak delapan orang penari beserta pemain musik gamelan pengiring tari," kata Qodratul Ikhwan, Selasa (16/8/2022).

Penari Tari Melinting yang akan tampil menyambut para tamu negara pada HUT ke-77 RI di Istana Merdeka berasal dari Desa Nibung Lampung Timur. "Semua asli pemuda pemudi dari Desa Nibung Lampung Timur, sebab di sana tarian ini masih terjaga kelestariannya," katanya.

Tari Melinting merupakan tarian tradisional peninggalan Ratu Melinting pada Keratuan Melinting di Lampung Timur. Tarian ini kenal sejak lama saat masuknya Islam ke Indonesia. Tarian ini juga masuk dalam tarian adat tradisional Keagungan Keratuan Melinting yang diciptakan Ratu Melinting itu sendiri.

Seiring perkembangan zaman, tarian ini mengalami penyempurnaan pada tahun 1950-an. Tari Melinting kerap hadir pada guyub adat atau Gawi Adat di Balai Adat pada Keagungan Keratuan Melinting. Para penarinya diperankan putra dan putri ratu Melinting.

Dalam pementasannya, Tari Melinting diiringi musik instrumen tradisional seperti kalo bala, gong, gendang, dan lainnya. Sebelumnya, tarian ini tampil pada acara adat keluarga, namun setelah itu ditampilkan pada acara adat secara umum dan acara seremonial pemerintahan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA