Senin 15 Aug 2022 22:13 WIB

Warga Biak Papua Tumpah Ruah Mengikuti Parade Nusantara HUT Kemerdekaan RI

Berbagai suku di Indonesia menampilkan atribut pakaian tradisional dan budaya daerah.

Peserta mengenakan busana daerah saat mengikuti parade memperingati HUT RI (ilustrasi).
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Peserta mengenakan busana daerah saat mengikuti parade memperingati HUT RI (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Sekitar 3.500 warga Kabupaten Biak Numfor, Papua mengikuti parade budaya masyarakat Nusantara dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di daerah itu, Senin (15/8/2022). Peserta parade budaya Nusantara 2022 dari berbagai suku di Indonesia menggunakan atribut pakaian tradisional dan budaya daerah.

Beberapa masyarakat adat, seperti suku Bugis Makassar, Kawanua Manado, Bali, Batak, Toraja, Flobamora NTT, Papua, Ambon Maluku, Ternate, Jawa Timur, dan Pawajaba menyatu dalam keberagaman di kegiatan itu.

Baca Juga

Ketua Panitia, Mahasunu mengatakan, parade budaya Nusantara meriah karena diikuti semua suku di Indonesia. Beberapa warga mengaku senang menonton parade budaya Nusantara karena bisa melihat banyak pakaian adat daerah.

"Ajang parade budaya Nusantara beragam baju tradisional daerah di Indonesia bisa dipertunjukkan,"ujar warga Biak, Agustinus.

Bupati Biak, Herry Ario Naap bersama wakilnya, Calvin Mansnembra ikut menyaksikan parade budaya masyarakat Nusantara dalam memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di daerah itu. Parade dimulai dari depan kantor Klasis GKI Biak Selatan, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sisingamangaraja, dan berakhir di hanggar Cenderawasih Lanud Manuhua. Acara berlangsung lancar dan kondusif hingga selesai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement