Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Jelang Kejuaraan Dunia, PBSI: Persaingan Empat Ganda Putra Indonesia Sangat Positif

Senin 15 Aug 2022 16:18 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky. Rionny Mainaky mengatakan, semua sektor sudah mematangkan persiapan menjelang Kejuaraan Dunia BWF 2022.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky. Rionny Mainaky mengatakan, semua sektor sudah mematangkan persiapan menjelang Kejuaraan Dunia BWF 2022.

Foto: DOK PBSI
Nomor ganda putra selalu menjadi andalan untuk meraih gelar juara.

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA -- Kejuaraan Dunia BWF 2022 akan segera berlangsung. Para pebulu tangkis kelas atas bertanding di di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22 Agustus hingga 28 Agustus 2022.

Tak terkecuali para wakil tanah air. Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rionny Mainaky mengatakan, semua sektor sudah mematangkan persiapan. Nomor ganda putra selalu menjadi andalan merah putih di pentas internasional.

Baca Juga

Sebanyak empat ganda putra Indonesia dipastikan berangkat ke Jepang. Ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan ini sempat absen dalam beberapa turnamen di Asia Tenggara.

Itu karena Marcus memilih untuk fokus memulihkan kondisinya. Meski demikian mereka masih berada di posisi pertama peringkat dunia BWF. Di Tokyo nanti, the Minions bakal langsung tampil di babak kedua.

Begitu juga dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Rionny memantau setiap progres yang ditunjukkan para jawara tersebut. Suasana kompetitif sangat terasa.

"Persaingan empat ganda putra ini sangat positif. Saya harap dari sektor ganda putra bisa meraih juara dunia," kata Kabid Binpres PP PBSI itu dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/8/2022).

Berikutnya dari sektor tunggal putra. Empat nama bakal bertempur di Tokyo. Para jagoan tanah air itu adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, serta Chico Aura Dwi Wardoyo. Ginting dan Chico baru saja menampilkan catatan mentereng dalam tur Asia Tenggara.

Ginting menjadi kampiun Singapura Terbuka 2022. Chico finis di posisi teratas Malaysia Masters 2022. Itu modal berharga bagi jelang kejuaraan dunia.

"Mereka tahu lawan-lawannya. Lawan yang paling berat Axelsen. Tapi ya sudah dipersiapkan dari latihannya, evaluasinya untuk menghadapi pemain siapa gitu, cukup baik. Saya harap kondisi mereka fit, dan di sana mereka bisa all out. Bisa meraih juara dunia untuk tunggal putra," ujar Rionny.

Termasuk di tiga sektor lainnya. Semua sudah dipersiapkan dengan matang. Sayangnya dari nomor ganda putri, pasangan yang sedang on fire, Siti Fadia/Apriyani Rahayu sejenak berpisah.

Mereka belum terdaftar sebagai pasangan dalam turnamen tersebut. Saat penutupan ranking untuk kejuaran dunia Jepang 2022, Apriyani masih bertandem dengan Greysia Polii.

Greysia sudah pensiun. Berikutnya, Siti Fadia kembali dipasangkan dengan rekan lamanya, Ribka Sugiarto.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA