Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Gubernur Lampung: Penguatan Kearifan Lokal Cegah Intoleransi

Senin 15 Aug 2022 15:24 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Foto: dok. Adpim
Penguatan kearifan dan nilai lokal daerah bisa memperkuat solidaritas antarwarga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan melalui penguatan kearifan lokal daerah dapat mencegah adanya praktik intoleransi di tengah masyarakat di wilayahnya. "Untuk mencegah adanya intoleransi di tengah masyarakat, kita perlu memperkuat kearifan dan nilai-nilai lokal daerah," ujar Arinal Djunaidi saat kegiatan silaturahmi kebangsaan di Bandarlampung, Senin (15/8/2022).

Ia menjelaskan, dengan penguatan kearifan dan nilai-nilai lokal daerah dapat memperkuat solidaritas antarmasyarakat serta mencegah meluasnya paham radikal. "Saat ini dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi banyak tantangan diakibatkan adanya era globalisasi dan kemajuan teknologi. Sehingga dengan penguatan kearifan lokal adanya solidaritas, dan kondusifitas masyarakat bisa terbentuk serta mencegah intoleransi," katanya.

Baca Juga

Dia mengatakan, dalam menumbuhkan rasa solidaritas dan menghilangkan praktik intoleransi, melalui penguatan kearifan lokal menjadi peranan semua pihak termasuk pemerintah untuk terus mengedukasi kepada masyarakat.

"Ini perlu peran kita bersama untuk membentuk ini, semua harus bersatu untuk keutuhan Indonesia terlebih sebentar lagi akan merayakan HUT ke-77 RI," ucapnya.

Menurut dia, aktualisasi dan sikap toleransi diantara masyarakat harus terus dijaga baik di Lampung yang merupakan salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman suku, budaya dan agama. "Untuk menjaganya perlu kita amalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa dalam setiap kehidupan. Lalu setiap warga negara harus taat kepada semua peraturan perundang-undangan. Jaga keutuhan NKRI dengan memandang semua saudara meski berbeda suku, ras, dan agama," ujar dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA