Senin 15 Aug 2022 10:25 WIB

Kenapa Bintang Betelgeuse Menjadi Lebih Redup pada 2019?

Analisis baru mengungkapkan Betelgeuse meledak dan masih dalam pemulihan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Bintang Betelgeuse
Foto: ESA/Hubble
Bintang Betelgeuse

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Betelgeuse tampak redup pada 2019. Sekarang analisis baru mengungkapkan alasannya: Betelgeuse meledak dan masih dalam pemulihan.

Bintang super raksasa merah, yang berjarak sekitar 530 tahun cahaya dari Bumi, adalah salah satu yang paling terang di langit malam. Bintang tersebut membentuk bahu konstelasi Orion (The Hunter).

Ini juga geriatri. Betelgeuse mendekati akhir kehidupan bintangnya dan pada akhirnya akan meledak dalam supernova yang terlihat dari Bumi. Meskipun, mungkin perlu 100.000 tahun lagi, menurut penelitian 2021.

Pada akhir 2019, cahaya Betelgeuse mulai redup. Pada Februari 2020, ia telah kehilangan dua pertiga dari luminositas normalnya seperti yang terlihat dari Bumi.

Para ilmuwan yang mempelajari peredupan aneh itu menyimpulkan bahwa bintang itu sendiri tidak akan segera menjadi supernova, tetapi awan debu raksasa telah mengaburkan sebagian cahaya bintang. Sekarang, dilansir dari Sciencealert, Senin (15/8/2022), para ilmuwan yang menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble telah mengungkapkan bahwa awan debu ini adalah hasil dari ejeksi besar-besaran dari permukaan bintang.

photo
Bintang Betelgeuse - (Space)

Gumpalan lebih dari 1 juta mil (1,6 juta kilometer) mungkin telah naik dari dalam bintang. Ini menghasilkan yang setara dari gempa bintang, kejutan yang meniup sepotong permukaan bintang 400 juta kali lebih besar daripada yang biasanya terlihat pada lontaran massa korona matahari, tim melaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan ke database pracetak arXiv dan diterima oleh The Astrophysical Journal untuk publikasi.

“Betelgeuse terus melakukan beberapa hal yang sangat tidak biasa sekarang; interiornya seperti memantul,” penulis studi Andrea Dupree, direktur asosiasi Pusat Astrofisika Harvard & Smithsonian, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah wilayah yang belum dipetakan dalam ilmu bintang, kata Dupree.

“Kami belum pernah melihat ejeksi massal besar-besaran dari permukaan bintang,” katanya.

“Kita dibiarkan dengan sesuatu yang terjadi yang tidak sepenuhnya kita pahami. Ini adalah fenomena yang sama sekali baru yang dapat kita amati secara langsung dan selesaikan detail permukaan dengan Hubble. Kita menyaksikan evolusi bintang secara real time.”