Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Helm yang Aman dan Nyaman

Ahad 14 Aug 2022 17:51 WIB

Red: Hiru Muhammad

Helm sepeda motor selain sebagai pelindung kepala saat ini juga menjadi penunjang penampilan saat berkendara di jalan. Tampak helm Nova X yang dipamerkan di GIIAS 2022

Helm sepeda motor selain sebagai pelindung kepala saat ini juga menjadi penunjang penampilan saat berkendara di jalan. Tampak helm Nova X yang dipamerkan di GIIAS 2022

Foto: istimewa
Kualitas styrofoam akan menentukan kemampuan helm dalam meredam benturan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi anda pengendara sepeda motor atau pecinta touring dengan kendaraan roda dua, helm menjadi sarana paling vital terkait dengan keselamatan berkendara. Alat pelindung kepala ini memiliki peran paling penting dalam mengurangi risiko cedera serius terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Karena itu penting bagi pengendara untuk mengetahui bagaimana memilih helm yang tepat, nyaman dan mampu berfungsi optimal saat terjadi benturan.

Salah satu yang perlu dipahami saat membeli atau memiliki helm apakah masih layak digunakan atau tidak adalah dapat dilihat dari styrofoam atau busa putih yang terdapat di bagian helm. Styrofoam berfungsi sebagai penahan atau menyerap benturan dan kerap digunakan sebagai pembungkus dari barang yang mudah pecah atau rusak seperti elektronik atau pecah belah. Di helm, styrofoam berfungsi melindungi kepala dari benturan ringan hingga tingkat tertentu. 

Baca Juga

Apabila styrofoam masih terasa empuk, maka helm masih dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Namun, apabila sudah padat atau helm sudah mengalami benturan yang hebat sebagiknya jangan digunakan lagi karena apabila digunakan helm tidak mampu berfungsi maksimal dalam melindungi kepala. "Jadi fungsinya seperti air bag pada kendaraan," kata Salomon Manalu, Brand Manager JPX Helmet, Sabtu (13/8/2022).

Sedangkan busa helm tidak terlau banyak membantu saat terjadi kecelakaan karena busa  lebih berfungsi kepada kenyamanan ketika berkendara. Karena itu busa helm bisa dilepas untuk dicuci agar tetap nyaman ketika digunakan. Untuk usia pemakaian normal helm biasanya berlangsung antara tiga hingga lima tahun. Apabila lebih dari itu, styrofoam akan mengeras secara alami dan tidak mampu melindungi kepala dengan baik karena mengeras secara alami. 

PT Jaya Plastik Mandiri atau di sebut JP Industries kali ini mengeluarkan produk terbarunya dibawah payung merek JPX Helmet yakni Nova X. Setelah beberapa kali mengeluarkan produk helm Full Face baik helm jalan raya atau cross kali ini giliran pecinta helm half face yang akan dimanjakan dengan produk terbaru dari JPX Helmet. Nova X adalah varian Half Face yang sangat digemari dan sudah di tunggu tunggu para #sobatJPX. 

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Nova X hadir dengan beberapa warna baru solid yaitu black doff, grey, black metallic dan pearl white selain itu NOVA X juga hadir dengan disain motif yaitu garuda, ultrabots, lollipop, vero, escape dan shuriken. " Untuk tren, banyak pengendara yang terinspirasi dari ajang balap, lebih aerodinamis, tidak membuat leher menjadi pegal," kata Salomon.

Helm Nova X sudah di lengkapi double visor yang berfungsi untuk mengurangi pantulan sinar UV matahari, interior dengan busa yang lembut membuat kulit tetap nyaman. Bagi yang suka memakai intercom, sobat JPX tidak usah khawatir karena Nova X juga sudah Intercom ready dengan disediakan tempat speaker untuk instalasi Intercom yang lebih mudah.

Helm ini sudah mendukung glasses fit sehingga tidak perlu repot saat pengendara yang memang harus memakai kacamata, helm ini di lengkapi spoiler yang berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Selama di pameran GIIAS 2022 helm ini dibanderol dengan harga Rp 750.000, free t-shirt dan  balaklava.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA