Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Erick Thohir Terus Dorong UMKM Naik Kelas

Ahad 14 Aug 2022 12:27 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Upaya BUMN menuai hasil karena bisnis sejumlah pelaku UMKM mengalami kemajuan pesat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan BUMN telah mengembangkan beberapa inisiatif untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas. Sebab UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

Upaya BUMN ini menuai hasil karena bisnis sejumlah pelaku UMKM mengalami kemajuan yang pesat dengan kualitas produk yang semakin bagus. "UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Sebagai agent of development, BUMN telah mengembangkan beberapa inisiatif untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas," kata Erick Thohir dalam unggahan akun Instagram resminya @erickthohir pada Jumat (12/8/2022).

Baca Juga

Erick lalu menyontohkan seorang pelaku UMKM bernama Asih. Ia mendapat bantuan dari BUMN PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dalam mengembangkan usaha tas-nya. Dengan bantuan itu, usaha tasnya terus menanjak dalam 13 tahun terakhir dengan kualitas tas yang dihasilkannya bagus. Ini yang membuat Erick senang dan ketagihan untuk pesan lagi.

"Seperti Ibu Asih yang berbincang dengan saya hari ini. Dengan bantuan @pelindo, UMKM-nya @awcollection_ berhasil menghadirkan kualitas tas yang baik. Saya sampai pesan lagi. Semangat terus untuk Ibu Asih dan seluruh pelaku UMKM," kata Erick.

Dalam video yang dibagikannya, Erick berdialog dengan Asih sambil memperlihatkan sebuah tas warna hitam yang dikirim Asih kepada Erick Thohir. "Bagus banget tasnya ini Bu. Jahitannya juga rapih," puji Erick.

Menjawab Erick, Asih menceritakan bahwa dia mendapat pinjaman dana dari PT Pelindo dengan bunga lunak dan syarat yang dipermudah. Ini sangat membantu dan menambah modal usahanya. "Alhamdulilah pinjaman, dengan bunga yang lunak, dan persyaratan dipermudah untuk penambahan modal saya," cerita Asih.

Bantuan lain yang diberikan Pelindo, kata dia, adalah mengajaknya ke sejumlah pameran baik di dalam maupun di luar negeri. "Saya diajak pameran beberapa kali seperti di Pontianak, dulu pernah di Inacraft beberapa kali. Ke Hong Kong sudah pernah. Ke Jepang juga pernah," cerita Asih lagi.

Terakhir, Erick menanyakan tips-tipsnya sebagai pelaku UMKM sukses. "Semua itu harus berjuang dan harus memulai, harus mencoba, jangan cuma berangan-angan. Satu harus fokus tidak setengah-setengah loh pak. Alhamdulilah sampai 13 tahun usaha Alhamdulilah naik terus," tutup Asih.

Sementara itu, pada bagian akhir, Erick hanya mengimbau pelaku-pelaku UMKM lain untuk meniru apa yang dilakukan Asih ini dan menjalankan tips-tipsnya. Sebab yang bicara tips ini adalah ahlinya. "Jangan saya, nanti salah lagi," kata Erick Thohir.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA