Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Siap Maju Capres, Pengamat: Prabowo dan Gerindra Harus Cari Cawapres yang Tepat

Ahad 14 Aug 2022 07:52 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Foto: istimewa/doc pribadi
PR Gerindra mencari cawapres yang tepat sehingga elektabilitasnya semakin meroket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, nyatakan diri siap maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai kini Prabowo dan Partai Gerindra harus mencari sosok pendamping yang tepat agar dapat  memenangkan pemilu 2024.

"Pekerjaan rumah bagi Prabowo dan Gerindra untuk mencari cawapres yang tepat sehingga elektabilitasnya semakin meroket," kata Jamiluddin dalam keterangannya, Ahad (14/8/2022).

Baca Juga

Ia menilai Prabowo akan kembali menelan kekalahan keempat kalinya jika dalam Pilpres kali ini salah dalam memilih sosok cawapres. Hal tersebut tentu akan menjadi pukulan telak yang sangat menyakitkan bagi Prabowo.

Ia memandang hingga saat ini belum ada nama cawapres yang cukup kuat untuk  mendongkrak elektabilitas Prabowo. Hal itu terlihat dari beberapa simulasi nama yang dipasangkan dengan Prabowo yang dilakukan beberapa lembaga survei.

"Hasilnya, nama-nama yang dipasangkan dengan Prabowo masih kerap kalah dengan pasangan Anies Baswedan dan pasangan Ganjar Pramono," ungkapnya.

Kendati demikian, menurutnya Gerindra layak mengusung Prabowo sebagai capres. Sebab kader Gerindra yang memiliki popularitas dan elektabilitas paling tinggi hanya Prabowo.

"Di bawah Prabowo memang ada Sandiaga Uno. Popularitas dan elektabilitas juga tinggi, tapi hingga saat ini masih kalah dengan Prabowo," ujar dia.

Selain itu, Prabowo juga dinilai kompetitif bila dihadapkan dengan kandidat capres lainnya. Elektabilitas Prabowo tetap masuk tiga besar, bahkan paling sering elektabilitasnya masuk peringkat pertama.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyatakan siap menjadi capres untuk Pilpres 2024. Hal itu disampaikan dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas), yang merupakan forum tertinggi kedua partai tersebut.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan sodara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia ini," ujar Prabowo dalam pidatonya di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jumat (12/8/2022).

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA