Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2023

Sabtu 13 Aug 2022 23:27 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Muchamad Nabil Haroen berfoto bersama pendekar cilik dalam acara International Pencak Silat Indonesia Championship 2022 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (13/8/2022). Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2023

Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Muchamad Nabil Haroen berfoto bersama pendekar cilik dalam acara International Pencak Silat Indonesia Championship 2022 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (13/8/2022). Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2023

Foto: Republika/Muhyiddin
Kejuaran dunia tersebut akan diikuti atlet pencak silat dari 100 negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Muchamad Nabil Haroen atau yang akrab dipanggil Gus Nabil mengatakan Indonesia akan menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2023. Informasi terbaru ini dia dapatkan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

"Kemarin saya sudah diberikan informasi oleh KONI bahwa tahun depan di tahun 2023 Indonesia akan menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang ke-20," ujar Gus Nabil saat sambutan dalam acara pembukaan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga

Menurut Gus Nabil, kejuaran dunia tersebut akan diikuti atlet pencak silat dari 100 negara. Karena itu, dia berharap seluruh insan pencak silat di Indonesia nantinya bisa turut meramaikan di jagat maya agar kejuaran dunia tersebut berlangsung meriah 

"Insya Allah kegiatan tersebut akan diikuti tidak kurang dari 100 negara. Maka, nanti selesai dari International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 ini, kita seluruh insan pesilat ini harus bisa meramaikan jagat maya, sehingga Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-20 betul-betul meriah," jelas Ketua Umum Pagar Nusa NU ini. 

Sampai saat ini, pencak silat masih menjadi cabang olahraga andalan Indonesia. Pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-19 yang berlangsung di Malaysia pada 25–31 Juli 2022, tim pencak silat Indonesia sukses meraih juara umum. Namun, Gus Nabil berharap, kesuksesan tersebut tidak membuat atlet pencak silat Indonesia menjadi lengah.  

"Mungkin kita cukup berbangga dan bersyukur pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang lalu kita menjadi juara umum. Tapi, ini tidak boleh membuat kita lengah. Karena, saya melihat negara-negara lain juga sudah mulai merangkak. Artinya, kalau kita tidak memasyarakatkan pencak silat maka jangan kaget kalau suatu saat kita akan disalip oleh negara lain," ucap Gus Nabil. 

Lebih lanjut, Gus Nabil menjelaskan bahwa International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 merupakan salah satu ajang untuk menjaring atlet-atlet pencak silat terbaik untuk dikirim pada Sea Games 2023 yang akan digelar di Kamboja. Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya oleh IPSI.

"Kita mohon dukungan dari seluruh insan pencak silat Indonesia supaya acara ini berlangsung secara rutin dan dapat menghasilkan atlet-atlet terbaik Indonesia. Karena gelaran Indonesia Open kali ini merupakan ajang untuk penjaringan atlet-atlet yang nanti akan kita kirim pada Sea Games yang akan datang," jelas Gus Nabil. 

Gus Nabil menambahkan, animo para atlet pencak silat untuk mengikuti Indonesia Open Championship 2020 cukup tinggi. Bahkan, kata dia, peserta yang mengikuti lomba ini melebihi dari target, baik peserta dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Alhamdulillah dari target 700 peserta yang kita harapkan ternyata bisa melebihi dari jumlah target kita, sehingga gelanggang harus kita bikin tiga," kata Gus Nabil.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA