Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Polisi Tahan Tersangka Penyerang Salman Rushdie di New York

Sabtu 13 Aug 2022 16:15 WIB

Red: Esthi Maharani

Tersangka, yang menyerang penulis Salman Rushdie di atas panggung di negara bagian New York, telah ditahan, kata Kepolisian Negara Bagian New York, Jumat (12/8/2022).

Tersangka, yang menyerang penulis Salman Rushdie di atas panggung di negara bagian New York, telah ditahan, kata Kepolisian Negara Bagian New York, Jumat (12/8/2022).

Tersangka, yang menyerang penulis Salman Rushdie telah ditahan

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Tersangka, yang menyerang penulis Salman Rushdie di atas panggung di Negara Bagian New York, telah ditahan, kata Kepolisian Negara Bagian New York, Jumat (12/8/2022).

Gambar-gambar yang diposting di media sosial menunjukkan Rushdie, yang karyanya telah memicu ancaman pembunuhan, terbaring di atas panggung di Lembaga Chautauqua ketika polisi dan orang-orang yang melihat berusaha memberikan pertolongan pertama. Kondisinya tidak segera jelas. Rekaman yang juga diposting ke media sosial menunjukkan para penonton bergegas ke panggung segera setelah insiden itu terjadi.

Serangan itu terjadi menjelang kuliah yang akan dia sampaikan. Dia menderita luka tusukan di leher dan dibawa ke rumah sakit, kata polisi Negara Bagian NY dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa "kondisinya belum diketahui". Seorang pewawancara juga mengalami cedera kepala ringan, tambah polisi negara bagian itu.

Rushdie adalah pengarang beberapa novel yang mendapat pengakuan luas, termasuk Midnight's Children, yang memenangkan Booker Prize pada tahun 1981.

Bukunya, "The Satanic Verses," menjadi bahan kontroversi tujuh tahun kemudian, dengan mendiang Ayatollah Ruhollah Khomeini dari Iran menerbitkan sebuah fatwah menyerukan kematiannya atas novel.

Ayatollah Ali Khamenei, penerus Khomeini, memiliki tweet yang dihapus pada 2019 yang mengatakan, fatwa tetap berlaku.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/polisi-tahan-tersangka-penyerang-salman-rushdie-di-new-york/2660293
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA