Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Dokter Spesialis Ungkap Ciri-Ciri Kulit Wajah Sehat

Sabtu 13 Aug 2022 00:33 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ilustrasi kulit wajah sehat. Dokter spesialis kulit pada Emdee Skin Clinic Surabaya, Shelin Olivia Hadinoto mengungkapkan ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Di antaranya adalah warna kukit yang merata di seluruh wajah hingga leher. Baik itu warnanya putih, kecoklatan, maupun hitam, warnanya merata di seluruh kulit wajah. Kulit wajah yang sehat juga terbebas dari flek dan bekas jerawat.

Ilustrasi kulit wajah sehat. Dokter spesialis kulit pada Emdee Skin Clinic Surabaya, Shelin Olivia Hadinoto mengungkapkan ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Di antaranya adalah warna kukit yang merata di seluruh wajah hingga leher. Baik itu warnanya putih, kecoklatan, maupun hitam, warnanya merata di seluruh kulit wajah. Kulit wajah yang sehat juga terbebas dari flek dan bekas jerawat.

Foto: Instagram Jiglyciouss
Ciri kulit sehat salah satunya warna kulit merata antara wajah hingga leher

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dokter spesialis kulit pada Emdee Skin Clinic Surabaya, Shelin Olivia Hadinoto mengungkapkan ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Di antaranya adalah warna kukit yang merata di seluruh wajah hingga leher. Baik itu warnanya putih, kecoklatan, maupun hitam, warnanya merata di seluruh kulit wajah. Kulit wajah yang sehat juga terbebas dari flek dan bekas jerawat.

"Kulit yang sehat itu semua orang bisa lihat. Dari segi warna tidak compang-camping entah itu karena flek atau bekas jerawat. Warnanya sama seluruh wajah," ujarnya di Surabaya, Jumat (12/8).

Shelin melanjutkan, kulit wajah yang sehat juga cenderung memiliki pori-pori yang kecil. Pori-pori wajah seseorang biasanya membesar karena dipengaruhi faktor usia. Artinya, lanjut Shelin, semakin bertambahnya usia seseorang, biasanya pori-pori wajah juga akan semakin membesar.

"Kulit sehat pori-porinya kecil. Pori-pori besar itu juga biasanya dipengaruhi faktor usia. Semakin tua semakin pori-porinya besar," kata Shelin.

Shelin menambahkan, untuk mengukur kulit wajah sehat atau tidak juga bisa dilakukan dengan cara dipegang. Kulit wajah yang sehat, kata dia, memiliki tekstur yang kenyal atau kencang. Artinya, lanjut Shelin, meskipun kulit seseorang terlihat halus tetapi teksturnya kendur, berarti kulit tersebut kurang sehat.

"Kalau kita megang kulitnya kenyal atau enggak. Percuma dari luar kelihatan bagus tapi dipegang kendur. Yang bagus itu kencang, kenyal," ujarnya.

Shelin kemudian mengungkapkan cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Sebenarnya, lanjut Shelin, penuaan dini bisa dicegah dengan olahraga dan mengatur pola makan sehat. Namun, kedua olahraga dan mengatur pola makan sehat saja tidak cukup. Untuk mereka yang usianya di atas 30 tahun tetap diperlukan perawatan agar tidak terjadi penuaan dini.

"Harus perawatan mau tidak mau. Tidak ada yang gak menua tanpa perawatan. Jadi selain olahraga dan menjaga pola hidup sehat tetap harus perawatan. Karena setiap hari kulit terpapar sinar matahari. Damage matahari itu luar biasa," kata Shelin.

Shelin mengungkapkan banyak perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan. Mulai dilaser, suntik, atau menggunakan pil. Tapi, kata dia, perawatan harus dilakukan sama orang yang benar-benar ahli. Shelin mencontohkan perawatan kulit wajah yang menjadi andalan Emdee Skin Clinic Surabaya yang diberi nama 'MD Premium Collagen Booster.'

Yaitu metode perawatan kulit wajah dengan cara menyuntikkan cairan berisi kolagen. Kolagen, lanjut Shelin, memiliki peran vital bagi kulit wajah. Sementara semakin tua usia seseorang, kandungan kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Maka dari itu perlu perawatan dengan cara menyuntikkan kolagen agar kulit wajah tetap terhidrasi, kenyal, dan halus.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA