Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Mahasiswa Universitas BSI Ciptakan SIAP, Aplikasi Ajuan Permohonan untuk Perusahaan

Jumat 12 Aug 2022 12:08 WIB

Red: Gita Amanda

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo bantu ringankan beban kerja PT Mitra Data Abadi, dengan menciptakan sebuah aplikasi, untuk kefektifan para pegawainya.

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo bantu ringankan beban kerja PT Mitra Data Abadi, dengan menciptakan sebuah aplikasi, untuk kefektifan para pegawainya.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Dengan adanya aplikasi ini, memudahkan admin dan teknisi di PT Mitra Data Abadi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo bantu ringankan beban kerja PT Mitra Data Abadi, dengan menciptakan sebuah aplikasi, untuk kefektifan para pegawainya. Aplikasi tersebut diberi nama SIAP (Sistem  Informasi Ajuan Permohonan) dan sudah diserahkan pada Senin (8/8/2022).

Kegiatan serah terima aplikasi yang bertempat di kantor PT Mitra Data Abadi ini dihadiri oleh Direktur Perusahaan, Widyo Ari Utomo, Dosen Pembimbing Mahasiswa, Galih Setiawan Nurohim dari pihak Universitas BSI. Para mahasiswa pembuat aplikasi, yang terdiri dari Mohammad Adimas Noor Kholik, Suparno dan Ananda Pradipta Putra Nugraha juga turut hadir.

Baca Juga

Hibah ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Universitas BSI dalam penyusunan Tugas Akhir yang diimplementasikan kepada masyarakat. Dari pihak PT Mitra Data Abadi, Widyo mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Universitas BSI, karena telah membantu mewujudkan aplikasi customer relationship management, untuk PT Mitra Data Abadi.

“Dengan adanya aplikasi ini, sangat memudahkan admin dan teknisi di kantor PT Mitra Data Abadi,” tutur Widyo, Senin (8/8/2022).

Selain itu, ujarnya, dengan aplikasi ini, admin akan semakin mudah untuk melacak dan mengoreksi permintaan klien PT Mitra Data Abadi. Sebelumnya proses pelayanan komplain masih digarap secara manual.

“Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk kami, karena bukan hanya pelayanan kami yang meningkat, namun administrasi komplain jadi lebih baik dan mudah diorganisir,” ujarnya.

Ia mengatakan, penggunaan teknologi melalui sistem informasi ini, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengajak masyarakat untuk turut serta dalam transformasi digital.

Sementara itu, Suparno, salah satu mahasiswa Universitas BSI sebagai pembuat aplikasi, mengatakan bahwa, aplikasi SIAP dapat membantu admin untuk melakukan komplain klien, menerima komplain klien dan menunjuk teknisi mana yang akan melayani dan memenuhi tugas komplain dari klien. “Dengan adanya aplikasi ini, juga bisa mempermudah pegawai untuk mengakomodir permintaan, komplain dan masukkan dari klien ke perusahaan, terkait hasil aplikasi yang digunakan,” terangnya.

Galih Setiawan selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PT Mitra Data Abadi yang telah menerima dan membimbing mahasiswanya. “Terima kasih banyak untuk pihak PT Mitra Data Abadi yang telah menerima mahasiswa kami. Sehingga dapat menyelesaikan aplikasi ini dengan baik dan sesuai kebutuhan dibagian customer relationship di PT Mitra Data Abadi,” ucap Galih.

Ia berharap, semoga hubungan baik ini dapat terus berlanjut dan mahasiswa Universitas BSI dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui pembuatan aplikasi lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA