Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Swedia Salip Prancis Jadi Pengekspor Listrik Terbesar di Eropa

Jumat 12 Aug 2022 09:37 WIB

Red: Esthi Maharani

Swedia telah melampaui Prancis sebagai pengekspor listrik terbesar di Eropa

Swedia telah melampaui Prancis sebagai pengekspor listrik terbesar di Eropa

Swedia telah melampaui Prancis sebagai pengekspor listrik terbesar di Eropa

REPUBLIKA.CO.ID., LONDON -- Swedia telah melampaui Prancis sebagai pengekspor listrik terbesar di Eropa dengan pasokan di mana pembangkit listrik tenaga nuklir Prancis mencapai titik terendah dalam sejarah.

Menurut analis data energi Enappsys Ltd., sebagian besar listrik Swedia telah diekspor ke Finlandia dan Denmark, sementara Prancis mengimpor lebih banyak daya tahun ini daripada yang diekspor.

Jean-Paul Harreman, direktur di Enappsys, mengatakan “masalah nuklir Prancis telah mengakibatkan posisi impor bersih yang luar biasa untuk pasar Prancis” dan telah diintensifkan oleh harga gas yang tinggi, yang membuatnya kurang menarik secara finansial bagi Prancis untuk mengekspornya.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Prancis sangat penting bagi sistem tenaga Eropa, tetapi pemadaman berkepanjangan berarti bahwa dari 56 reaktor nuklir negara itu. Hanya sekitar setengahnya yang tersedia, yang mendorong harga ke tingkat tertinggi di wilayah tersebut.

Eropa menghadapi krisis energi yang lebih dalam karena Prancis sekarang mendapatkan sumber listrik dalam jumlah besar dari negara-negara lain di benua itu. Jerman dan Inggris meningkatkan ekspor listrik bersih selama periode yang sama.

Sementara total ekspor bersih Swedia mencapai 16 terawatt per jam pada paruh pertama tahun 2022, yang menjadikan negara tersebut sebagai pengekspor listrik bersih terbesar di Eropa.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/swedia-salip-prancis-jadi-pengekspor-listrik-terbesar-di-eropa/2658726
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA