Jumat 12 Aug 2022 06:34 WIB

Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ayyamul bidh adalah puasa tiga hari di pertengahan setiap bulan hijriyah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah menganjurkan banyak ibadah sunnah, salah satunya adalah puasa ayyamul bidh (puasa tiga hari di pertengahan setiap bulan hijriyah), yakni pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan hijriyah, kecuali hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Tanggal 13 Muharram jatuh pada Kamis, 11 Agustus 2022. Sehingga umat Islam bisa melaksanakan puasa ayyamul bidh pada 11-13 Agustus 2022.

Baca Juga

Dalam buku Waktu-Waktu Penuh Berkah tulisan Imam Baihaqi menjelaskan bahwa Abu Hurairah berkata," Rasulullah SAW mewasiatkan tiga hal, yakni sholat witir sebelum tidur, puasa setiap bulan, dan sholat Dhuha." (HR Bukhari).

Dalam riwayat lain disebutkan, Abu Hurairah berkata, Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,

صوم شهر الصبر ، وصوم ثلاثة أيام من كل شهر ، صوم الدهر ، فقد ضمت ثلاثة أيام من الشهر ، فأنا مفطر في تخفيف الله ، وصائم في عيف الله '

Puasa di bulan sabar (Ramadhan) dan puasa tiga hari setiap bulan seperti puasa setahun penuh. 'Aku sudah berpuasa tiga hari setiap bulan. Aku berbuka karena sedang berpuasa di hari yang diringankan (pahalanya) oleh Allah, dan aku berpuasa di hari yang dilipatgandakan (pahalanya) oleh Allah. (HR Ahmad).

Puasa tidak akan sah jika tidak didahului dengan niat. Sebab dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim Nabi SAW bersabda bahwa setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya.

Jika yang kita lakukan adalah puasa wajib maka harus berniat pada malam hari. Waktunya boleh berniat ketika sudah masuk waktu maghrib sampai sebelum terbit fajar.

Adapun untuk puasa sunnah, maka boleh niat puasa pada siang hari. Tidak disyaratkan harus niat pada malam hari.

Seandainya pada siang hari ini kita belum makan minum sejak shubuh tadi kemudian kita tahu bahwa hari ini puasa ayyamul bidh lalu kita berniat puasa ayyamul bidh maka hal ini diperbolehkan niat puasanya.

Bagi umat Islam yang ingin mengerjakan puasa sunnah ini bisa membaca niat sebagai berikut

Niat puasa ayyamul bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامَ الْبَيْضِ سُنّةً للهِ تَعَالى

Nawaitu shauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement