Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Google Luncurkan Program Pelatihan Bagi UMKM di 10 Provinsi

Kamis 11 Aug 2022 15:40 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) meluncurkan sebuah program guna melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia. Program itu diperkirakan akan berjalan hingga akhir 2022.

Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) meluncurkan sebuah program guna melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia. Program itu diperkirakan akan berjalan hingga akhir 2022.

Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Program pelatihan Google bagi UMKM digelar di 10 provinsi hingga akhir 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) meluncurkan sebuah program guna melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia. Program itu diperkirakan akan berjalan hingga akhir 2022.

Program tersebut akan memberikan pelatihan yang dilakukan secara offline. Lalu berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow with Google atau disebut GWG.

 Selama enam bulan ke depan, UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing. Mulai dari  cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, sampai cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia Putri Alam dalam Media Briefing yang digelar secara virtual, Kamis (11/8). Ia menambahkan, Google memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop.

"Tujuannya membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan," ujar Putri. Sejak 2015, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Hari ini Google juga merilis hasil survei Kantar terhadap 707 pemilik usaha. Sebanyak 44 persen di antaranya merupakan perempuan dan 42 persen lainnya adalah mahasiswa dan pelajar.

Hasilnya, dengan mengingat kembali dampak terhadap pemilik usaha yang mengikuti pelatihan Grow with Google pada 2021, satu dari tiga UKM mulai berjualan online setelah mengikuti kursus. Lalu satu dari dua UKM berhasil meningkatkan engagement pelanggan setelah menerapkan hasil pembelajaran dari pelatihan Gapura Digital & Women Will.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA