Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Wapres Resmikan One Pesantren One Product Kalimantan Expo 2022

Wapres mengapresiasi program OPOP Kalimantan Selatan

Wapres RI, Maruf Amin
Satwapres Wapres RI, Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Expo 2022, di Lapangan dr. Murjani, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Sponsored
Sponsored Ads

Dalam sambutannya pada acara tersebut Wapres menyampaikan pesantren seyogyanya tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan dakwah yang mencetak para kiai dan ulama, melainkan juga menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.

"Dua fungsi pesantren yakni mencetak kiai, juga pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sejak dulu memang pesantren mempunyai dua fungsi yaitu menyediakan ulama yang paham agama dan menyiapkan pejuang tanah air," tutur Wapres di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Scroll untuk membaca

Dia mengatakan sejak dulu pesantren melahirkan ulama-ulama sekaligus mencetak pejuang-pejuang tanah air dalam rangka membela negara.

 

Jika di era penjajahan, pejuang dari pesantren berjuang untuk kemerdekaan melawan penjajah, maka saat ini pesantren harus melahirkan pejuang dalam konteks berbeda, yakni bertugas membangun kesejahteraan, menghilangkan kemiskinan dan kesenjangan terutama di masyarakat bawah.

"Karena itu semangat perjuangan sebagai pejuang tanah air harus dibangkitkan kembali melalui upaya pemberdayaan pesantren dan melalui OPOP," kata dia.

Dia mengatakan saat ini sudah ada pesantren yang mampu menjadi pembeli langsung (offtaker) komoditas seperti hasil pertanian dan perkebunan dari masyarakat, kemudian menjalin kemitraan untuk memperluas pemasaran produk atau jasa unggulannya, dan ada yang produknya sanggup menembus pasar ekspor.

Dia berharap berbagai keberhasilan-keberhasilan yang sudah ada dapat ditularkan ke pesantren di daerah-daerah lain.

Ma'ruf berharap program satu pesantren satu produk atau yang populer disebut program OPOP, dapat menjadi gerakan yang memberi daya dorong bagi sektor UMKM di Indonesia, agar semakin maju, produktif, dan berdaya saing.

Ma'ruf mengapresiasi program OPOP Kalimantan Selatan sebagai rintisan bersama pesantren dan pemda, sekaligus menggandeng keterlibatan aktif berbagai pemangku kepentingan, termasuk pihak mitra.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ?inayah-Nya dan meridai semua upaya yang kita lakukan," kata Wapres memanjatkan doa.

sumber : Antara

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>