Kamis 11 Aug 2022 06:20 WIB

Sering Diabaikan, Tubuh Ternyata Sangat Butuh Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.
Foto: picpedia.org
Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang jarang dibicarakan. Tidak seperti vitamin C dan vitamin lainnya, seseorang cenderung mengabaikan pentingnya kebutuhan vitamin B12. 

Nyatanya, ada alasan krusial mengapa vitamin B12 harus selalu ada dalam asupan makanan harian. Vitamin B12 meningkatkan dan memfasilitasi banyak fungsi dalam tubuh. Inilah alasan mengapa tubuh memerlukan vitamin B12, dikutip dari laman NDTV, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

 

1. Melindungi kesehatan mata

 

Mencukupi asupan vitamin B12 menurunkan risiko terkena degenerasi makula. Itu adalah kondisi mata yang bisa menyebabkan kebutaan dan sering terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih tua. Tidak mengonsumsi cukup vitamin B12 dapat meningkatkan risikonya.

 

2. Mencegah dan mengobati depresi

Serotonin adalah salah satu hormon bahagia yang mampu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental. Vitamin B12 memainkan peran integral dalam produksi serotonin. Studi menunjukkan bahwa orang yang asupan vitamin B12-nya kurang berisiko hampir dua kali lipat mengidap depresi.

 

3. Meningkatkan kesehatan otak

Vitamin B12 tidak hanya mendukung fungsi otak, tetapi bertanggung jawab untuk memfasilitasi berbagai fungsi di otak dan sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan atrofi otak, yakni hilangnya neuron di otak yang dapat menyebabkan demensia dan kehilangan memori.

Selain fungsi-fungsi tersebut, vitamin B12 juga memfasilitasi produksi energi, membantu kemampuan seseorang untuk berpikir, dan mempertahankan berfungsinya otak dan sistem saraf. Oleh karena itu, vitamin B12 adalah nutrisi penting dan diperlukan untuk kelangsungan hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement