Kamis 11 Aug 2022 00:57 WIB

Puluhan Orang di Amerika Terinfeksi Bakteri Setelah Main Splash Pad

Bakteri shigella dan norovirus ini menyebabkan diare berdarah, demam, dan kram perut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Puluhan orang di Kansas, AS, terinfeksi bakteri setelah bermain splash pad. (ilustrasi)
Foto: Stephanie Zollshan/The Berkshire Eagle via AP
Puluhan orang di Kansas, AS, terinfeksi bakteri setelah bermain splash pad. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut penyelidikan Pusat Pengendalian dan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), puluhan orang jatuh sakit di taman marga satwa Kansas setelah menelan air yang terkontaminasi. Ada dua wabah yang membuat 27 orang sakit dalam beberapa hari dan melibatkan dua serangga menular yakni bakteri shigella dan norovirus.

Hal tersebut diungkapkan CDC dalam Morbidity and Mortality Weekly Report, baru-baru ini. Bakteri Shigella menyebabkan shigellosis. Bakteri ini menyebabkan diare berdarah, demam, dan kram perut. Sedangkan norovirus menyebabkan diare, muntah, dan sakit perut. Orang dapat "terkena" kedua serangga apabila tak sengaja menelan air yang terkontaminasi.

Baca Juga

Beberapa temuan investigasi khusus untuk wabah Kansas juga menyebutkan, hal itu juga bisa terjadi lewat permainan splash pad, istilah umum untuk area bermain di luar ruangan yang menyemprotkan air ke orang.

Melansir dari laman Insider, Rabu (10/8/2022), CDC mengidentifikasi wabah setelah Departemen Kesehatan dan Lingkungan Kansas memberi tahu tiga orang menderita shigellosis setelah mengunjungi taman marga satwa pada 18 Juni. Penyelidikan selanjutnya menemukan wabah shigella juga diderita 21 orang yang berusia antara satu hingga 15 tahun. Mereka tercatat sebagai pengunjung taman tersebut pada 11 Juni 2021.

Sementara itu, wabah norovirus ada enam kasus. Pasiennya berusia antara satu hingga 38 tahun. Mereka mengunjungi taman marga satwa Kansas pada 18 Juni 2021. Wahana splash pad akhirnya ditutup sementara mulai 19 Juni 2021.

Sebanyak 27 kasus itu terjadi setelah percikan air dari splash pad masuk ke mulut mereka. Pada dasarnya, bermain di splash pad, termasuk jet, ember, dan seluncuran, tidak terkait dengan sakit.

Umumnya, penyakit ini tidak memerlukan pengobatan. Tetapi orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya mungkin memerlukan antibiotik untuk shigella dan mereka yang berisiko mengalami dehidrasi parah akibat norovirus mungkin memerlukan perawatan suportif.

"Dalam wabah itu, tiga orang dengan shigellosis dirawat di rumah sakit selama sekitar tiga hari, dan satu orang dengan norovirus dirawat di rumah sakit selama sehari," ujar CDC.

Jet splash pad umumnya untuk orang yang lebih muda dari lima tahun, dan anak-anak lebih mungkin mencemari air dibandingkan orang dewasa karena keterampilan toilet yang buruk. Popok tidak mencegah air dari kontaminasi.

CDC merekomendasikan orang mengambil langkah-langkah untuk menghindari penyebaran atau "penangkapan" kuman seperti tidak buang air besar di air dan ke toilet setiap jam.

"Duduk atau berdiri di atas jet dapat membilas kotoran dari bokong Anda," kata CDC.

Splash pad tidak dirancang dan tidak selalu membutuhkan disinfektan. Namun, klorin, dalam konsentrasi yang tepat, dapat membunuh shigella dan norovirus. Dengan percikan, mungkin sulit untuk mempertahankan jumlah bahan kimia pembunuh kuman yang tepat saat air disemprotkan ke udara.

Di Kansas, setelah digunakan untuk bermain pengunjung, air disimpan dalam tangki semalaman sebelum disaring, didesinfeksi, dan disemprot ulang. Itu tidak memiliki sistem otomatis untuk mempertahankan konsentrasi klorin yang benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement