Rabu 10 Aug 2022 15:49 WIB

Petugas Evakuasi Turap yang Menimpa Tiga Rumah di Cijantung

Camat Pasar Rebo sebut evakuasi puing turap telah dilakukan petugas gabungan..

Red: Bilal Ramadhan
Warga menyelamatkan barang berharga pasca longsoran turap yang menimpa rumah (ilustrasi). Camat Pasar Rebo sebut evakuasi puing turap telah dilakukan petugas gabungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas gabungan telah mengangkat turap yang longsor menimpa tiga rumah warga di Jalan Swadaya, RT 07/RW 06, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Selasa (9/8/2022).

Camat Pasar Rebo Mujiono mengatakan, evakuasi puing turap dengan panjang sekitar 20 meter dan tinggi lima meter itu dilakukan oleh petugas gabungan. "Alhamdulillah sudah selesai. Kolaborasi RT, RW, warga, anggota PPSU, SDA (Sumber Daya Air) dan BPBD," kata Mujiono, Rabu.

Baca Juga

Mujiono menambahkan, pihaknya juga membuat turap penahan tebing sementara dan memperbaiki saluran air di lokasi yang terdampak longsor. Mujiono mengatakan, warga yang rumahnya rusak akibat longsor tersebut tidak menuntut ganti rugi material kepada pihak keluarga pemilik turap.

"Warga merasa cukup terbantu dengan kolaborasi pembersihan puing-puing, dan menerima bahwa ini sebuah musibah," ujar Mujiono.

Sebelumnya tiga rumah warga di Jalan Swadaya, RT 07/RW 06, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Jaktim), rusak tertimpa turap yang longsor.

Salah satu warga terdampak longsor, Firmansyah (41) mengatakan, turap tersebut longsor pada Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 20.00 WIB. "Pas kejadian saya lagi istirahat, dengar ada suara. Awalnya saya kira kucing," kata Firmansyah.

Namun beberapa saat setelah suara yang disangka kucing tersebut, muncul suara gemuruh pergerakan tanah disusul longsor material turap menimpa tembok kamar rumahnya.

Beruntung Firmansyah bersama istri yang saat kejadian berada di lokasi dapat menyelamatkan diri sehingga tidak terdampak reruntuhan puing turap milik tetangganya itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement