Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Kenali Karier Sebagai Brand Marketing Serta Strategi yang Bisa Diterapkannya

Rabu 10 Aug 2022 14:55 WIB

Red: Gita Amanda

Brand Marketing sendiri merupakan salah satu metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan pemasaran dari sebuah produk.

Brand Marketing sendiri merupakan salah satu metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan pemasaran dari sebuah produk.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kinerja marketing adalah salah satu penentu keberhasilan suatu usaha atau perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkarier sebagai seorang Brand Marketing, acap kali dianggap mudah bagi sebagian orang. Akan tetapi hakikatnya, butuh kemampuan dan pengetahuan khusus untuk berkarier di bidang ini. Sebab kinerja marketing adalah salah satu penentu keberhasilan suatu usaha atau perusahaan.

Brand Marketing sendiri merupakan salah satu metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan pemasaran dari sebuah produk. Kemampuan yang satu ini sering menjadi tantangan bagi marketer karena berhubungan dengan teknik pemasaran tertentu.

Baca Juga

Mengutip dari beberapa sumber media, Brand Marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan brand dari sebuah produk, guna meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Branding ini memerlukan proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, hingga mendefinisikan pesan yang hendak disampaikan.

Setelah mengetahui apa itu Brand Marketing, tentunya untuk melaksanakannya perlu strategi. Berikut ini beberapa strategi Brand Marketing yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Identifikasi target pelanggan

Strategi Brand Marketing salah satunya adalah menetapkan target dari pelanggan. Jika perusahaan menargetkan semua jenis pelanggan dan kalangan, maka akan sangat luas untuk diidentifikasi. Sebaliknya, jika semakin sempit dan terukur target pelanggannya, maka akan semakin cepat pertumbuhannya.

2. Memilih tools dan konten yang tepat untuk digital marketing

Demi mengefektifkan proses marketing, sebagai seorang marketer perlu kapabel dalam memilih tools yang paling tepat untuk proses marketing. Sudah pasti pemilihan ini harus didasari pada kebutuhan dan jenis produk yang akan dipasarkan.

3. Membuat marketing strategy dan marketing plan

Dalam menentukan Brand Marketing, perlu membuat marketing strategy dan marketing plan. Kedua hal tersebut berbeda, akan tetapi saling berkaitan. Marketing strategy merupakan berbagai penjelasan tentang tujuan yang harus dicapai oleh seorang marketer. Sedangkan, marketing plan adalah implementasi dan langkah-langkah konkret dari marketing strategy yang telah disiapkan.

4. Bangun kerja sama dengan berbagai pihak

Demi mengoptimalkan hasil yang diinginkan, maka selain melaksanakan content strategy marketing, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan marketing melalui jalan influencer.

Selain bertugas untuk menciptakan relasi yang baik dengan para pelanggan, seorang marketer juga harus memiliki kemampuan kerja sama yang baik dengan pihak-pihak yang berpeluang menjadi partner.

Saat ini sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan Brand Marketing dan strategi apa yang diperlukan? Jika kamu tertarik dan berkarier di dunia marketing, segera daftarkan dirimu di Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Menurut Ketua Prodi Manajemen Universitas BSI, Nurvi Oktiani mengatakan, kemampuan dibidang manajemen ini dapat mengantarkan anda menjadi seorang Brand Marketing. Kesuksesan karier yang dimiliki dapat terbentuk sejak perkuliahan, sebab sudah dibekali dengan ilmu dibidang manajemen. Tidak sedikit juga, mahasiswa Universitas BSI telah bekerja sebelum lulus dari bangku kuliah.

“Universitas BSI sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk perkuliahan bulan September 2022. PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 6 sejak 4 Agustus 2022 dan akan berakhir pada 1 September 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftaran, cukup mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/ ,” jelas Nurvi, Senin (8/8/2022).

Ia menyebutkan, prodi ini sendiri tersebar di beberapa kampus Universitas BSI, seperti di Universitas BSI kampus Kramat 98, Universitas BSI kampus Salemba 22, Universitas BSI Tangerang, Universitas BSI kampus Ciputat, Universitas BSI kampus Margonda, Universitas BSI kampus Bekasi, Universitas BSI kampus Cikarang, Universitas BSI kampus Jatiwaringin, Universitas BSI kampus Cengkareng, Universitas BSI kampus BSD, Universitas BSI kampus Kaliabang, Universitas BSI kampus Dewi Sartika B, Universitas BSI kampus Kalimalang, Universitas BSI kampus Pemuda, Universitas BSI kampus Cibitung dan Universitas BSI kampus Slipi.

“Bagi kamu yang memang terkendala biaya, Universitas BSI membuka pembayaran kuliah yang bisa dilakukan dengan cicilan, sebesar Rp 600 ribuan saja perbulannya melalui aplikasi Danacita,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA