Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

IPB Fasilitasi Lahirnya Perusahaan Kosmetik Berbasis Natural dan Organik

Rabu 10 Aug 2022 13:57 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kampus IPB

Kampus IPB

Perawatan tubuh jangka panjang memerlukan produk yang natural.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) memfasilitasi lahirnya perusahaan kosmetik berbasis natural dan organik yang memanfaatkan tumbuhan lokal Indonesia. Langkah itu sebagai dukungan terhadap pemanfaatan keanekaragaman hayati Nusantara.

Salah satu alumni IPB yang dibina menjadi pengusaha kosmetik berbahan natural dan organik Nectars Organic Skincare, Ruri Parimbi mengatakan, perusahaan mengolah tumbuhan yang mungkin tidak disadari khasiatnya oleh masyarakat, meskipun berada di sekelilingnya. "Perusahaan ini inkubator bisnis dari IPB yang berusaha mengembangkan dan mengenalkan kosmetik yang aman dari bahan dasar tumbuhan lokal di Indonesia," kata Ruri di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).

Menurut Ruri, perawatan tubuh jangka panjang memerlukan produk yang natural. Pemilihan bahan baku bermutu tinggi dapat memberikan efek yang baik pada kulit. Selain itu, dari bahan baku yang didapatkan dari petani lokal dapat membuat rantai ekonomi yang baik. Produk kosmetik itu mengedepankan kearifan lokal yang mendukung gerakan ramah lingkungan.

Ekstrak tanaman lokal berantioksidan tinggi dapat mencegah penuaan dini dan penyakit kronis lainnya. Namun demikian, pemasaran produk kosmetik yang natural dan organik membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Masyarakat perlu edukasi terhadap reaksi kosmetik maupun produk perawatan tubuh yang tidak instan mengubah penampilan tetapi cukup baik untuk jangka panjang.

Pandemi Covid-19 yang cukup panjang, kata dia, telah memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk merawat diri di rumah dan memesan produk menggunakan cara pemesanan daring. Mereka yang masih belia maupun orang dewasa akhirnya memiliki waktu luang untuk memilah produk-produk yang baik bagi tubuh.

"Kepercayaan pelanggan dimulai dari skala kecil. Pemasaran produk kosmetik dan perawatan kulit kami awalnya dari mulut ke mulut, sekarang Alhamdulillah sudah banyak dikenal masyarakat umum," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA