Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Selain Tiga Ketum, PAN Jabar Usulkan RK dan Sejumlah Tokoh untuk Capres KIB

Rabu 10 Aug 2022 12:54 WIB

Red: Muhammad Hafil

Selain Tiga Ketum, PAN Jabar Usulkan RK dan Sejumlah Tokoh untuk Capres KIB. Foto:  Logo Partai Amanat Nasional (PAN)

Selain Tiga Ketum, PAN Jabar Usulkan RK dan Sejumlah Tokoh untuk Capres KIB. Foto: Logo Partai Amanat Nasional (PAN)

Foto: Republika
PAN Jabar akan menjadi tuan rumah silaturahim nasional KIB.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sejumlah nama diusulkan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat sebagai bakal capres pada pemilu 2024 mendatang. Selain tiga ketum parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, juga  dalam radar yang diusulkan PAN Jabar. 

Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari mengatakan, munculnya sejumlah nama tersebut setelah dilakukan musyawarah daerah (musda) yang terdiri dari 27 DPD PAN se-Jabar serta hasil rapat pleno rapat kerja wilayah sehingga muncul beberapa nama. Diakui Desy, secara internal PAN mengusulkan ketua umum, Zulkifli Hasan untuk maju dalam pilpres.

Baca Juga

"Di samping itu DPW PAN Jabar juga mengusulkan dari Internal KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) saudaraku Airlangga Hartarto Ketum Partai Golkar dan saudaraku Suharso Monoarfa, Ketum PPP, sebagai calon pemimpin nasional," kata Desy melalui pesan singkat, Selasa (9/8/2022).

Desy menuturkan, para ketua umum dari KIB memiliki peluang yang sama untuk dicalonkan dalam pilpres nanti. Ini karena sosok yang ada di KIB dinilai layak untuk memimpin Indonesia.

"Para Ketum partai dari Koalisi Indonesia Bersatu memiliki peluang yang sama dan mumpuni untuk menjadi pemimpin bangsa," ujarnya.

Sementara itu dari luar KIB, PAN Jabar mengusulkan beberapa nama yang kerap masuk dalam bursa survei politik. Seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Tohir, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Disinggung mengenai Ridwan Kamil, Desy mengaku sudah tak meragukan lagi sosok pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung itu. Berbagai program pembangunan Ridwan Kamil di Jabar menjadi pertimbangan untuk diusung dalam pilpres mendatang.

"Tentu semua tahu beliau adalah gubernur Jabar yang telah menunjukkan kapasitas untuk memimpin dan membangun, khususnya di Jabar," katanya.

Saat ini, Desy mengaku terus berkomunikasi dan konsolidasi dengan partai koalisi untuk melakukan berbagai langkah menuju pemilu 2024. Bahkan rencananya PAN Jabar akan menjadi tuan rumah pada acara silaturahmi nasional KIB untuk mematangkan persiapan pemilu mendatang.

"Insya Allah, PAN akan menjadi tuan rumah pada acara silaturahim Nasional KIB mendatang yang sedang terus dibicarakan tentang apa dan bagaimana konunikasi, kolaborasi dan konsolidasi para kader KIB di seluruh Indonesia," ujar Desy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA