Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Universitas Syiah Kuala Peringkat Delapan PTN Terbaik di Indonesia

Rabu 10 Aug 2022 05:53 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wisudawan dan wisudawati berjalan di depan gedung rektorat Universitas Syiah Kuala (USK), Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Jumat (4/6/2021).

Wisudawan dan wisudawati berjalan di depan gedung rektorat Universitas Syiah Kuala (USK), Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Jumat (4/6/2021).

Foto: ANTARA / Irwansyah Putra
Dalam waktu dekat, USK akan bertransformasi menjadi perguruan tinggi berbadan hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Universitas Syiah Kuala (USK) Darusalam, Kota Banda Aceh masuk peringkat delapan besar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga pemeringkatan dunia Webometrics. Posisi USK naik cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya yang berada di peringkat 17.

Rektor USK Prof Marwan menjelaskan, capaian tersebut tidak lepas dari kuatnya komitmen perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah di kalangan peneliti kampus. Dia mengatakan, dalam waktu dekat, USK segera bertransformasi menjadi perguruan tinggi berbadan hukum (PTN BH).

Menurut Marwan, dengan statuta baru tersebut, perhatian USK terhadap riset akan semakin besar. Sehingga diharapkan mampu bersanding dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia. "Alhamdulillah, prestasi ini menjadi motivasi bagi USK untuk terus menguatkan institusinya, khususnya bidang riset yang telah menjadi perhatian serius USK selama ini," katanya di Kota Banda Aceh, Selasa (9/8/2022).

Pada Juli 2022, salah satu lembaga pemeringkatan dunia lainnya, yaitu Scimago Institutions Ranking (SIR) juga mempublikasikan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. SIR merilis, USK berada di peringkat 11 sebagai PTN terbaik di Indonesia.

Dalam publikasi tersebut sejumlah bidang keilmuan USK turut berada di posisi yang mengesankan misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat pertama, bidang matematika peringkat pertama, dan bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat kelima.

Selanjutnya bidang keteknikan peringkat ketujuh, bidang kedokteran hewan peringkat keenam, bidang kedokteran peringkat kedelapan, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA