Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Penerapan Empat Pilar Kebangsaan Penting untuk Membentuk Karakter Nasionalisme

Selasa 09 Aug 2022 13:55 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Penerapan Empat  Pilar Kebangsaan Penting untuk Membentuk Karakter Nasionalisme

Penerapan Empat Pilar Kebangsaan Penting untuk Membentuk Karakter Nasionalisme

Foto: DPRD Jabar
Saat ini banyak pengaruh-pengaruh yang mengurangi rasa nasionalisme.

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS--Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Didi Sukardi sosialisasikan nilai - nilai Kebangsaan dan Konstitusi kepada generasi muda saat kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan terkait Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Sukamaju, Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu. 

Didi mengatakan kurangnya pemahaman generasi muda  saat ini. Terkait pentingnya melaksanakan nilai-nilai pancasila yang menjadi landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu dari Pancasila, UUD 1945 menjadi landasan Konstitusi, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Setelah adanya program sosialisasi ini maka kita semakin tahu bahwa masyarakat kita pemahaman terkait empat pilar ternyata sangat jauh dari yang kita harapkan. Nah ini problem kita. Itulah kenapa program sketsa kebangsaan menurut saya menjadi penting untuk dilaksanakan,” kata Didi dalam siaran pers DPRD Jabar.

Didi berharap sosialisasi ini dapat menanamkan nilai-nilai pancasila. Sehingga memiliki karakter yang mencintai bangsa. Karena menurutnya, saat ini banyak pengaruh-pengaruh yang mengurangi rasa nasionalisme pada bangsa sendiri. “Jadi yang pertama tentunya empat pilar ini harus semakin kokoh ditanamkan sejak pendidikan sejak usia dini. Anak-anak kita bukan diajarkan tentang bagaimana cara berhitung. Tetapi yang paling penting tadi ditanamkan nilai-nilai Pancasila sehingga dia punya karakter yang mencintai bangsanya,” ungkap Didi. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA