Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Banyak Pabrik di Mukomuko Beli Sawit dengan Harga Tinggi

Senin 08 Aug 2022 23:24 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Petani mengumpulkan sawit hasil panen (ilustrasi). Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas pabrik membeli tandan buah segar sawit milik petani harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang diputuskan tim sebesar Rp 1.273 per kilogram.

Petani mengumpulkan sawit hasil panen (ilustrasi). Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas pabrik membeli tandan buah segar sawit milik petani harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang diputuskan tim sebesar Rp 1.273 per kilogram.

Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Saat ini harga sawit di tujuh dari 10 pabrik lebih tinggi dari harga yang ditetapkan.

REPUBLIKA.CO.ID,MUKOMUKO -- Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas pabrik membeli tandan buah segar sawit milik petani harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang diputuskan tim sebesar Rp 1.273 per kilogram.

Saat ini harga sawit di tujuh dari 10 pabrik lebih tinggi dari harga yang ditetapkan oleh tim, selanjutnya kami minta semua pabrik membeli buah sawit sesuai dengan harga yang diputuskan oleh tim," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Senin (8/8/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti hasil rapat Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun Provinsi Bengkulu di Kota Bengkulu. Berdasarkan rapat tersebut, tim menetapkan harga pembelian buah sawit di tingkat pabrik terendah Rp1.147 per kg dan harga tertinggi Rp1.533 per kg. Dari harga tersebut pabrik diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli sawit petani, yakni sebesar Rp1.273 per kg.

Dari harga yang ditetapkan oleh tim tersebut, sebanyak tujuh dari 10 pabrik kelapa sawit di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit lebih tinggi dari harga ketetapan tim. Sedangkan, harga sawit di tiga pabrik kelapa sawit di daerah ini masih di bawah harga yang ditetapkan oleh tim.Sementara itu, harga sawitn

Sementara itu, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi sebesar Rp1.100 per kg, PT Daria Dharma Pratama Rp1.320 per kg, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya sebesar Rp1.360 per kg, harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas sebesar Rp1.300 per kgKemudian, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari sebesar Rp1.320 per kg, harga TBS sawit di PT Karya Agro Sawitindo sebesar Rp1.210 per kg, harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit sebesar Rp1.380 per kg. Harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri sebesar Rp1.270 per kg, harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp1.310 per kg.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA