Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Jurnal Islam Futura UIN Ar-Raniry Berhasil Tembus Indeks Scopus

Senin 08 Aug 2022 22:25 WIB

Red: Irwan Kelana

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (LP2M) UIN Ar-Raniry, yang juga Ketua Redaksi Jurnal Ilmiah Islam Futura Dr  Anton Widyanto MAg.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (LP2M) UIN Ar-Raniry, yang juga Ketua Redaksi Jurnal Ilmiah Islam Futura Dr Anton Widyanto MAg.

Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Saat ini dua jurnal UIN A-Raniry berhasil terindeks Scopus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menembus Scopus.  Dengan demikian bertambah lagi jumlah jurnal internasional bereputasi di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi dua setelah sebelumnya Jurnal Samarah lebih dulu  berhasil terindeks Scopus. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (LP2M) UIN Ar-Raniry, Dr  Anton Widyanto MAg. Hingga saat ini, kata Dr Anton, total jurnal di lingkungan UIN Ar-Raniry yang terakreditasi SINTA Kemendikbudristek berjumlah 29 jurnal, dari SINTA 1 s.d 5. Dan dengan dua diantaranya kini telah berhasil terindeks Scopus, yaitu Jurnal Samarah dan Jurnal Islam Futura.

“Jumlah jurnal yang terakreditasi SINTA di lingkungan UIN Ar-Raniry masih akan bertambah mengingat beberapa jurnal lainnya saat ini sedang dalam masa pengajuan dan penilaian akreditasi, “ ujar Dr Anton melalui siaran pers, Senin (9/8/2022).

Terkait pencapaian ini, Dr Anton Widyanto yang juga ketua redaksi Jurnal Ilmiah Islam Futura menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan karena akhirnya JIIF bisa terindeks Scopus. 

“Pencapaian ini tentu bukan hal yang instan karena butuh perjuangan bertahun-tahun dan kerja keras. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kami, terutama Rektor UIN Ar-Raniry, ICAIOS dan Diktis Kemenag RI. Ke depan tentu kami harus berjuang lebih keras lagi untuk menjaga mutu JIIF,"  jelas Dr Anton.

Ia  mengatakan, jurnal yang fokus pada ilmu-ilmu keislaman di Aceh dan Samudera Hindia ini juga menjadi salah satu motor penggerak Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry. 

“Keberhasilan JIIF ini diharapkan ke depan dapat berkontribusi pada peningkatan akreditasi institusi UIN Ar-Raniry menuju World Class University, “ terang Dr Anton.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof  Dr Mujiburrahman  MAg mengaku bersyukur atas pencapaian ini. Dia menyampaikan apresiasi kepada tim JIIF karena sudah bekerja keras mengharumkan nama kampus.

"Rektor beserta seluruh unsur pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyampaikan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada Pak Anton dan seluruh tim pengelola Jurnal Ilmiah Islam Futura, yang telah bekerja keras dan cerdas sehingga Jurnal Ilmiah Islam Futura mencapai pridikat tinggi terindeks Scopus," kata Mujiburrahman.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA