Senin 08 Aug 2022 18:16 WIB

Polresta Malang Kota Alihkan Arus Lalu Lintas Saat HUT Arema FC

Setidaknya akan ada empat jalur yang ditutup pada peringatan HUT ke-35 Arema FC.

Polresta Malang Kota Alihkan Arus Lalu Lintas Saat HUT Arema FC (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Polresta Malang Kota Alihkan Arus Lalu Lintas Saat HUT Arema FC (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik pada saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-35 Arema FC, yang rencananya akan dipusatkan di kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang, Jawa Timur.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan bahwa pelaksanaan rangkaian peringatan HUT ke-35 Arema FC itu rencananya akan mulai digelar pada Rabu (10/8) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (11/8) pukul 01.00 WIB. "Kemungkinan mulai pukul 18.00 hingga 01.00 WIB, akan kita tutup jalur. Kita akan lakukan sosialisasi dan membuat rute yang memudahkan untuk pengguna jalan raya," kata Budi, Senin (8/8/2022).

Baca Juga

Ia menambahkan, setidaknya akan ada sebanyak empat jalur yang ditutup pada peringatan HUT ke-35 Arema FC tersebut, diantaranya adalah Jalan Basuki Rachmat, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu dan Jalan Kertanegara. Skema pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan untuk kendaraan dari arah utara menuju selatan melalui Jalan Jaksa Agung Suprapto menuju Jalan Semeru dan Jalan Arjuno.

Kemudian, dari Jalan Jaksa Agung Suprapto menuju Jalan Buring dan Jalan Bromo. Untuk arus kendaraan dari arah selatan menuju utara, akan dialihkan melalui Jalam Hasyim Asyari menuju Jalan Ijen, atau Jalan Hasyim Asyari menuju Jalan AR Hakim, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Timur, Jalan Agus Salim dan Jalan gatot Subroto.

Sementara untuk arus kendaraan dari Jalan Zainul Arifin yang menuju ke arah barat, akan dialihkan menuju Jalan Merdeka Timur. Budi menjelaskan, rangkaian perayaan HUT ke-35 Arema FC itu akan dimulai pada 10 Agustus 2022 dan dipusatkan di kawasan Kayutangan Heritage atau Jalan Basuki Rachmat.

Ada sejumlah kegiatan yang digelar di kawasan Kayutangan Heritage, hingga di depan Balai Kota Malang. Ia menambahkan, ada ribuan personel gabungan untuk mengamankan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-35 Arema FC tersebut.

Personel yang akan diterjunkan itu merupakan gabungan dari unsur TNI, Polri, Brimob dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di wilayah Malang Raya. "Untuk personel berkisar lebih dari 1.000 orang. Ini gabungan dari Malang Raya, dengan unsur TNI, Brimob termasuk Satpol PP," paparnya.

Sebagai informasi, ada sejumlah kegiatan yang akan diselenggarakan di kawasan Kayutangan Heritage hingga di depan Balai Kota Malang. Di antaranya adalah doa bersama, hiburan musik dan refleksi perjalanan Arema FC.

Setelah itu, pendukung Arema FC akan melakukan jalan bersama dari kawasan Kayutangan Heritage menuju patung singa yang ada di depan Stasiun Kota Baru dan diakhiri dengan pemotongan 35 tumpeng di area bundaran Tugu atau di depan Balai Kota Malang.

Ia mengingatkan kepada seluruh pendukung Arema FC yang biasa dikenal dengan sebutan Aremania untuk bisa mengikuti seluruh imbauan yang telah dikeluarkan oleh panitia penyelenggara dan kepolisian. "Selesai acara, sudah bisa langsung kembali ke rumah masing-masing. Tidak ada konvoi. Kami akan lakukan pendekatan persuasif dan humanis, namun, jika tetap melakukan konvoi akan kami lakukan tilang," ujarnya.

Perayaan HUT Ke-35 Arema FC tersebut, juga akan diisi dengan pelaksanaan apel kebangsaan pada 11 Agustus 2022, yang akan digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang. Apel tersebut bertujuan mengikrarkan Jiwa Jawara untuk Indonesia.

Usai pelaksanaan apel kebangsaan tersebut, akan akan dilakukan kegiatan napak tilas dari Lapangan Rampal Kota Malang menuju Stadion Kanjuruhan, rangkaian kegiatan itu juga akan dilengkapi dengan peresmian patung ikonik Singa Mahkota.

Peringatan tahun ini, Arema FC mengusung tema Jiwa Jawara untuk menanamkan semangat pantang menyerah untuk masyarakat Malang, khususnya Aremania. Arema FC menggambarkan singa yang siap menerkam dan menerobos kobaran api dengan didesain membentuk angka 35.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement