Senin 08 Aug 2022 17:16 WIB

Polisi Albuquerque Selidiki Pembunuhan Pria Muslim Keempat

Polisi Albuquerque meminta Muslim selalu waspada dimana pun berada.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Pemakaman Muhammad Afzaal Hussain (27 tahun) di Fairview Memorial Park, Albuquerque, New Mexico, AS  pada Jumat (5/8/2022). Petugas yakin kematian pria berusia 27 tahun dan pria Muslim lainnya dalam sembilan bulan terakhir merupakan pembunuhan yang ditargetkan dan terkait dengan SARA. Polisi Albuquerque Selidiki Pembunuhan Pria Muslim Keempat
Foto: Chancey Bush/The Albuquerque Journal via AP
Pemakaman Muhammad Afzaal Hussain (27 tahun) di Fairview Memorial Park, Albuquerque, New Mexico, AS pada Jumat (5/8/2022). Petugas yakin kematian pria berusia 27 tahun dan pria Muslim lainnya dalam sembilan bulan terakhir merupakan pembunuhan yang ditargetkan dan terkait dengan SARA. Polisi Albuquerque Selidiki Pembunuhan Pria Muslim Keempat

REPUBLIKA.CO.ID, ALBUQUERQUE -- Polisi melaporkan seorang pria Muslim lainnya telah ditembak dan dibunuh di Albuquerque, New Mexico, AS. Mereka percaya kematiannya mungkin terkait dengan pembunuhan tiga pria Muslim lainnya di metro.

Pembunuhan terakhir terjadi pada Sabtu (6/8/2022) dini hari. Polisi mengatakan mereka menanggapi laporan di daerah Truman dan Grand tepat setelah tengah malam. Setibanya di sana, polisi mengatakan mereka menemukan seorang pria Muslim ditembak dan dibunuh.

Baca Juga

Hal ini terjadi di dekat San Mateo dan tepat di luar Layanan Keluarga Lutheran yang merupakan organisasi untuk membantu para pengungsi. Dilansir KOB 4, Ahad (7/8/2022) telah dikonfirmasi oleh beberapa orang di komunitas Muslim, bahwa pria yang terbunuh semalam adalah Naeem Hussain.

Korban pertama yang mungkin terkait dengan kasus ini adalah Mohammad Zahir Ahmadi, yang terbunuh tahun lalu. Korban kedua adalah Aftab Hussein yang dibunuh kurang dari dua minggu lalu. Muhammad Afzaal Hussain adalah korban ketiga yang tewas Senin malam.

Sekarang, Naeem Hussain, adalah orang yang dibunuh semalam. Polisi belum mengatakan apakah mereka percaya satu orang atau beberapa tersangka melakukan serangan keji ini, tetapi mereka memberikan pembaruan pada penyelidikan mereka Sabtu sore. 

Pesan utama dari penegak hukum adalah mereka membutuhkan bantuan publik untuk menangkap siapa pun yang menargetkan pria Muslim. Mereka mengatakan mereka tidak dapat membagikan jika mereka memiliki petunjuk atau deskripsi tersangka saat ini, tetapi mereka mendesak siapa pun yang memiliki informasi atau tip yang berkaitan dengan salah satu dari empat pembunuhan ini untuk segera menghubungi penegak hukum.

Departemen Polisi Albuquerque (APD), FBI, dan pengacara distrik dan A.S. semuanya mengungkap tentang pembunuhan ini pada hari Sabtu, tidak hanya meminta informasi lebih lanjut tetapi juga mendesak anggota komunitas Muslim Albuquerque untuk tetap waspada dan ekstra hati-hati dalam beberapa hari mendatang.

APD mengatakan mereka percaya pembunuhan ini terhubung, tetapi masih dalam penyelidikan awal. KOB 4 juga menanyakan apakah korban terakhir, Hussain, disergap dan ditembak dengan cara yang sama seperti penyerangan pria Muslim lainnya. APD mengatakan mereka tidak dapat membagikan informasi itu saat ini.

Polisi juga ditanya apakah mereka yakin tersangka meningkatkan serangan mereka karena mereka tahu beberapa lembaga penegak hukum mengejar mereka. APD tidak bisa berkomentar.

Konferensi pers diakhiri dengan pesan untuk komunitas Muslim. “Berhati-hatilah satu sama lain, beri tahu orang lain kapan Anda keluar masuk, buat sangat jelas orang lain mengawasi Anda saat Anda keluar masuk mobil atau rumah Anda. Pastikan Anda terbuka dan sangat visual dengan tujuan bahwa Anda melakukan aktivitas sehari-hari dan penting bagi kita semua untuk saling menjaga,” kata Kepala Polisi APD Harold Medina

APD menambahkan mereka akan meningkatkan patroli di area sasaran di seluruh metro, tetapi mereka tidak merinci di mana patroli ini akan dilakukan. Beberapa organisasi telah menaikkan hadiah mereka untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapan dalam kasus ini – 15 ribu (Rp 223 juta) dari APD dan 10 ribu (Rp 149 juta) dari CAIR, Dewan Hubungan Amerika-Islam di D.C., sebuah organisasi hak-hak sipil Muslim.

Jika Masyarakat memiliki informasi tentang pembunuhan ini, bisa menghubungi polisi setempat atau FBi. Orang-orang juga dapat menggunakan portal bukti APD untuk mengunggah foto dan video yang berkaitan dengan pembunuhan baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement