Selasa 09 Aug 2022 05:01 WIB

Ford Indonesia Fokus di Pasar SUV, Ini Alasannya

Saat ini Ford Indonesia lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Christiyaningsih
Saat ini Ford Indonesia lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Saat ini Ford Indonesia lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ford sempat berhenti sejenak dalam aktivitas pemasaran kendaraan di Indonesia. Akan tetapi mulai tahun ini pabrikan Amerika itu telah resmi kembali meramaikan industri otomotif Tanah Air lewat RMA Indonesia.

General Manager Marketing and Sales RMA Indonesia Yanto Mardianto mengatakan, saat ini Ford lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin. "Saat ini kami fokus untuk memasarkan dua produk andalan yakni Ford Everest dan Ford Ranger," kata Yanto kepada Republika saat dijumpai dalam grand opening dealer Ford AK Mampang, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ford masih hanya akan memasarkan Ford Everest dan Ford Ranger hingga tahun depan. Selanjutnya, Ford baru akan mulai mempersiapkan produk andalan lain yang dihadirkan di Indonesia.

"Nantinya, kami juga akan memasarkan Ford Everest dan Ford Ranger generasi terbaru. Selain itu, kami juga akan menyiapkan kehadirkan produk lain," ujarnya.

Ia menekankan kemungkinan produk lain yang akan dipasarkan merupakan produk SUV. Produk SUV dipilih oleh Ford karena saat ini produk tersebut merupakan salah satu produk yang paling diminati oleh pasar Indonesia.

Hal itu jugalah yang membuat Ford merasa percaya diri untuk menghadirkan dealer baru bernama Ford AK Mampang yang terletak di Jakarta Selatan. Tadinya, dealer Ford kebanyakan berada di luar Jawa seperti Balikpapan, Medan, Palangkaraya, dan Makassar.

"Saat ini memang produk kami yang terlaris adalah Ford Ranger. Namun dengan hadirnya dealer terbaru di Jakarta, maka hal ini diharapkan bisa makin mempermudah Ford dalam menjaring konsumen pecinta SUV," ucap Yanto.

Country Manager RMA Indonesia Pinaki Mukherjee mengatakan pada tahun ini diperkirakan Ford akan menjual kendaraan sebanyak 600 unit. "Kami yakin angka itu bisa tercapai karena Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara," kata Mukherjee.

Ford pun terus berkomitmen untuk terus melakukan perluasan jaringan dan perluasan produk line up. Menurutnya, penambahan produk pada 2023 diprioritaskan pada produk yang dianggap jadi produk terlaris sehingga bisa berperan sebagai volume maker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement